Keindahan Pantai Soge Di Pesisir Pacitan


Keindahan Pantai Soge Di Pesisir Pacitan - Kalau Anda pernah melakukan perjalanan darat menyusuri lintas selatan Kabupaten Pacitan, bisa dipastikan perhatian Anda akan terhenti saat melintas Pantai Soge. Anda mungkin melihat sekelompok orang yang sedang bermain air tawar di muara pantainya, dan sejenak Anda pun terlena di salah satu destinasi wisata paling menakjubkan di daerah Pacitan ini.
Info Wisata Pantai Soge Pacitan

Letak pantai yang berada di pinggir jalan raya ini menjadi daya tarik utama Pantai Soge, ditambah adanya muara yang menambah keunikan pantai ini.
Segera saja parkir kendaraan Anda di tepi jalan atau lebih afdol di tempat parkir yang tersedia, lalu siap menyusuri jalan setapak, kemudian turun tepat di ujung muara Sungai Soge.

Info wisata pantai Soge Pacitan, Jawa Timur.
Pantai Soge letaknya di pinggir jalan lintas selatan Kabupaten Pacitan.
Takjub! Mungkin itu kata pertama yang paling pas untuk menggambarkan betapa indahnya eksotika lanskap pantai yang terbentang di kawasan Samudra Hindia yang jaraknya 276 kilometer barat daya Kota Surabaya itu.Alur muara sungai berkelok mengitari pasir putih yang membentang di tengah hingga jarak radius 150-an meter sehingga memberi ruang cukup luas bagi wisatawan untuk bermain apa saja dan menikmati keindahan wahana alami pantai.Sementara debur ombak terus bergulung dan memecah di tepian Pantai Soge.
Muara di pantai Soge.
Masih ada satu lagi wahana hiburan yang bisa dinikmati oleh pengunjung selain sekadar berdiri memandangi ombak di tepian pantai, bermain air, ataupun sekadar nongkrong di bawah pohon kelapa sembari menikmati sajian es kelapa muda. Wahana itu adalah danau kecil yang terbentuk karena air laut tidak sepenuhnya tertarik ke tengah laut saat terjadi fenomena air surut, dan terpisah oleh gundukan pasir putih yang membentang di tengah.

Danaunya tidak terlalu luas, tetapi sudah cukup untuk manuver speed boat atau kapal cepat kecil ataupun perahu wisata yang disewakan sejumlah nelayan setempat. Tak heran jika danau kecil berair payau (air laut bercampur air tawar dari Sungai Soge) ini menjadi rujukan wisatawan.

Selain posisinya yang teduh di pinggiran kebun kelapa, hanya dengan biaya Rp 15.000 per orang, pengunjung bisa menyewa jasa perahu wisata atau speed boat kecil untuk mengitari danau tersebut hingga beberapa kali putaran.
Gambaran pemandangan di atas hanya sebagian keindahan di kawasan pesisir Pantai Soge yang terletak di Desa Sidomulyo, Kecamatan Ngadirojo, Pacitan.
Eksotisme pantai soge di Pacitan, Jawa timur.

Jembatan Biru di Pantai Soge
Jembatan biru di pantai Soge, Pacitan.
Pesona kawasan pesisir di Kabupaten Pacitan yang dijuluki Kota 1.000 Goa ini mulai terbuka seiring pembangunan infrastruktur memadai, yaitu jalur lintas selatan yang tembus hingga wilayah Jawa Tengah.

Siapa saja yang berkunjung ke daerah ini masih akan disuguhi pemandangan lain yang tak kalah menakjubkan. Antara lain, jembatan Soge di salah satu ruas jalur lintas selatan setempat yang dibuat futuristik dengan desain konstruksi pipa lengkung di bagian atasnya sehingga menyerupai rangka kubah raksasa dan dicat.Tak heran, banyak wisatawan yang sengaja berhenti di sekitar jembatan Soge yang panjangnya sekitar 50 meter ini untuk sekadar berfoto atau menikmati pantai dari celah alur muara Sungai Soge.
Jembatan biru di Pantai Soge.

Sayang jika momentum indah ini dilewatkan. Jembatan ini sudah menjadi salah satu ikon jalur lintas selatan Pacitan karena desain konstruksinya berbeda dengan jembatan-jembatan lain pada umumnya dan cukup eye catching dengan warna cat birunya.

17 Pantai di Pacitan
Berada di Pantai Soge tidak cukup hanya mampir sejenak, Anda tidak akan cukup puas kalau belum menyaksikan saat-saat matahari terbit dan terbenam. Apalagi Pacitan tidak hanya memiliki Pantai Soge, tapi juga wahan wisata pantai lain yang tak kalah memesona di sepanjang jalur lintas selatan yang baru dibuka pada pertengahan 2012 itu.

Menurut data dinas pariwisata setempat, total ada 17 wahana wisata pantai di sepanjang pesisir selatan Pacitan yang lokasinya dilewati atau berdekatan dengan jalur lintas selatan. Setiap pantai memiliki panorama khas yang akan membuat siapa saja yang berkunjung ke daerah ini berdecak kagum. Sebab, pada dasarnya, pantai-pantai di daerah ini masih sangat alami, atau orang menyebutnya sebagai destinasi wisata yang masih perawan.

Bahkan, banyak orang Pacitan sendiri, konon, belum mengetahui atau menginjakkan kaki di sebagian besar obyek wisata pantai tersebut karena lokasinya, dulu belum memiliki akses kendaraan.

Surga di belahan pesisir selatan Kabupaten Pacitan yang terletak di ujung barat daya Jawa Timur ini baru terkuak dan ramai dibicarakan setelah pemerintah membangun jalur lintas selatan sepanjang 70-an kilometer di daerah ini, mulai dari Kabupaten Wonogiri (Jawa Tengah) di sisi barat hingga Kabupaten Trenggalek yang ada di ujung timur Pacitan.

Kalau hanya sekadar menjelajah di jalur cincin pantai Pacitan ini hanya butuh waktu sekitar 1,5 jam untuk mencapainya.Namun, jika ingin sekaligus menikmati setiap destinasi pantai berikut aneka panorama keindahan lainnya, kebutuhan waktu bergantung pada setiap wisatawan untuk mengatur ritme perjalanan masing-masing.

Menuju Pantai Soge dari Pacitan, kota berjarak sekitar 24 kilometer yang mampu ditempuh kendaraan umum (bus) sekitar 30 menit, sementara dari Surabaya waktu tempuh sekitar 7 jam, dari Tulungagung 3,5 jam, sedangkan dari Solo 4 jam.
Namun, jika ingin sekaligus menikmati setiap destinasi pantai berikut aneka panorama keindahan lainnya, kebutuhan waktu bergantung pada setiap pelancong untuk mengatur ritme perjalanan masing-masing.

Dari Kota Pacitan ke Pantai Soge dapat ditempuh 2 jam perjalanan pakai motor atau mobil. Rutenya,dari kota kearah timur, terus ke Kecamatan Tulakan, lanjut ketimur lagi ke Kecamatan Ngadirojo, biasanya sering disebut Lorok, lanjutkan terus ke arah Pasar Lorok atau Pasar Wiyoro, lanjutkan lagi sampai bertemu pertigaan yang ke kiri ke arah PLTU atau Trenggalek, pilih jalan yang kearah kanan. Di sepanjang perjalanan kita bakal menemui pantai-pantai seperti Pantai Taman, Pantai Tawang, setelah itu terus sampai di Desa Sidomulyo. Setelah sampai desa itu, sepanjang pantai di kiri jalan itulah Pantai Soge.

Info wisata pantai Soge Kabupaten Pacitan, Jawa Timur.
Jalan sekeliling Pantai Soge tebing berbatu.


Demikianlah info Keindahan Pantai Soge Di Pesisir Pacitan

Terima kasih telah berkunjung ke Wisata Indonesia, semoga bermanfaat bagi Anda.


9 Responses to "Keindahan Pantai Soge Di Pesisir Pacitan"

  1. pantai nya bagus, pengen juga saya kesana

    BalasHapus
  2. Berwisata ke Jogja dan kunjungi pantai nan eksotik di gunungkidul dengan Sewa Mobil Murah atau Sewa Mobil Matic serta Sewa Mobil Lepas Kunci gratis antar jemput di Bandara, Hotel dll. Kami juga melayani paket wisata atau sewa mobil dengan sopir.
    www.iwantransport.com
    www.rentalmobilyogya.net
    www.podjokjogja.com
    www.rentalmobillepaskunci.com

    BalasHapus
  3. Wah soge dkat ma tmpat tnggalku., bner..bnerrr mntabb.,,,

    BalasHapus
  4. akhirnya sudah mampir di Pantai Soge ini..pantainya sepi dan masih bersih :D

    BalasHapus
  5. wah bagus gan pantainya tapi panasnya ampun dah cuma gak sepanas suasana di pantai klayar langsung gosong :D

    mampir juga ke blog ane gan PERGIPEDIA
    terima kasih

    BalasHapus
  6. Makasih mas bero infonya, kmarin kami coba mengunjungi pantai soge en main-main dg giant bubbles, https://www.youtube.com/watch?v=FVn5giH_9Wg

    BalasHapus
  7. keren banget pantainya www.traveluxion.web.id

    BalasHapus
  8. ada penginapan/hotel g deket pantai

    BalasHapus

loading...