Puncak B29 Lumajang Bak Negeri Di Atas Awan Nan Eksotis


Wisata Diatas Awan B29 Lumajang - Serasa berada diatas awan, inilah sensasi yang ditawarkan B29. Sebuah destinasi wisata yang kian populer di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur. Tapi butuh perjuangan fisik ekstra keras untuk menikmatinya.
Wisata diatas awan B29 Lumajang.
B29 negeri diatas awan (sumber : Wongcrewchild.blogspot.co.id)
B29 adalah sebutan untuk sebuah dataran tinggi di Desa Argosari, Kecamatan Senduro, Kabupaten Lumajang. Masyarakat Tengger yang mendiami wilayah tersebut menyebut bukit itu sebagai “Pucuk Songolikur”. Dalam Bahasa Jawa, pucuk berarti puncak atau Bukit, songolikur adalah angka 29. Angka 29 ini menunjukkan ketinggian bukit tersebut, yaitu 2.900 meter diatas permukaan laut (mdpl). Tapi ada yang menyebutkan, tinggi sebenarnya hanya 2.639 meter. Entahlah.
Bak negeri diatas awan (sumber : Kompasiana.com/www.teguhhariawan)

Jadi B29 adalah sebuah bukit yang tingginya 2.900 meter di Lumajang yang berbatasan dengan Kabupaten Malang dan Probolinggo. B29 masih merupakan deretan pegunungan Bromo Tengger Semeru, tepatnya berada di sisi timur Gunung Bromo atau berada di atas tebing kaldera Bromo. Dengan tinggi mencapai 2900 mdpl, puncak B29 jauh lebih tinggi dari gunung Bromo yang hanya 2.329 mdpl. Sehingga berada di puncak B29, letak Gunung Bromo akan berada di bawah kita dan pemandangannya sangat mempesona.

Jika cuaca mendukung, pemandangan luar biasa membuat mata sulit berkedip. Awan mengelilingi puncak B-29. 

Saat berada di puncak B-29, kita melihat view dataran bawah sekelilingnya. Bahkan pemandangan tiga gunung sekaligus. Jika menghadap ke barat, keindahan Gunung Bromo bisa terlihat jelas. Bukan hanya kalderanya tapi lengkap dengan lautan pasir beserta jalanan menuju puncak Bromo.

Jika kita menghamparkan pandangan ke selatan, puncak Mahameru kian terlihat eksotis. Tanpa menggunakan teropong, detail guratan pasir vulkanis dan jalur lahar Semeru bisa terlihat sangat jelas dari B-29. Jika pandangan diarahkan ke timur, puncak Gunung Lemongan di timur Lumajang juga bisa dilihat.

Tanpa banyak kata, nikmati saja pemandangan dahsyat dari puncak B29 berikut ini :
Jalan setapak menuju puncak B29 (sumber : Jembertraveler.com)
Rumah di lereng pegunungan (sumber : Jembertraveler.com)
Puncak Semeru di kejauhan (sumber : Wongcrewchild.blogspot.co.id)
RUTE MENUJU B29
Rute menuju Bukit 29 atau B29 bisa ditempuh dari Lumajang atau dari Malang. Kendaraan yang tepat untuk menuju B29 adalah sepeda motor, itupun harus motor tipe trail atau motor bebek yang dimodifikasi bagian rodanya, karena pada 7 km sebelum lokasi medan jalannya menanjak dan puncaknya di 3 km terakhir masih berupa bebatuan dan tanah bergelombang.  Meskipun hanya 3 km, tantangannya sangat berat karena ada jurang  disepanjang jalan, trek menanjak, tanah berdebu tebal di musim kemarau atau menjadi sangat licin jika turun hujan.

Agar tidak salah pilih jalan, setelah memasuki gerbang desa Argosari, Anda akan berjumpa dengan pertigaan. Jika lurus memasuki jalan desa yang menanjak ekstrem, dengan trek jalan terdiri dari bebatuan amburadul. Sedangkan arah kanan merupakan jalan landai dengan lapisan aspal rusak, tetapi relatif lebih mudah dilewati. Kedua jalur ini sama-sama menuju ke puncak B29. Disarankan lewat  arah kanan – JANGAN yang lurus - karena lebih landai dan mudah jalannya. 

Dari Lumajang ke B29 :
Jaraknya sekitar 40 km sebelah barat Kota Lumajang dan dapat ditempuh sekitar 2 jam perjalanan dengan kendaraan. Dari kota Lumajang rute jalan ke B29, melewati Senduro – Argosari – Puncak B29.

Dari arah Malang ke B29 :
Rute jalan menuju ke puncak Negeri Diatas Awan B29 dari Malang melalui Turen – Dampit - Piket Nol – Pasirian – Senduro – Argosari – Puncak B29 Lumajang sudah dilewati. Jaraknya sekitar 150 km, dengan waktu tempuh sekitar 5 jam.
Rute menuju B29 dari Lumajang (sumber : Hafidhmind.wordpress.com)
Tips berwisata ke B29 :
- Datanglah saat pagi hari agar cukup banyak waktu menikmati keindahan B29.
- Saat melewati trek ekstrim, gunakan gigi satu dan jangan memainkan tuas kopling (setengah kopling), biarkan los. Atur tarikan gas sedimikian rupa tetap konstan, sesuai dengan trek yang dilewati.
- Kenakan pakaian/jaket tebal dan sepatu touring.


Demikianlah info Puncak B29 Lumajang Bak Negeri Di Atas Awan Nan Eksotis

Terima kasih telah berkunjung ke Wisata Indonesia, semoga bermanfaat bagi Anda.


1 Response to "Puncak B29 Lumajang Bak Negeri Di Atas Awan Nan Eksotis"

  1. Objek Wisata Jawa yang sangat menarik, walaupun dikatan terlarang tapi tak kalah dengan bukit2 yang ada di dataran tinggi dieng Wonosobo

    BalasHapus

loading...