Goa Gong di Pacitan, Inikah Goa Terindah di Pulau Jawa?


Pacitan terkenal memiliki sejumlah goa yang indah, salah satunya Goa Gong. Goa Gong sering disebut gua terindah di Pacitan, bahkan bisa jadi juga gua terindah di pulau Jawa. Yang pasti tidak bakal rugi datang ke tempat ini. Anda bisa memasukkannya sebagai salah satu tujuan wisata di Pacitan.
Goa Gong Pacitan.
Warna-warni cantik didalam Goa Gong Pacitan (sumber : Wisatajatim.info)


Goa ini awalnya ditemukan oleh dua orang penduduk lokal yang sedang mencari air akibat kemarau panjang. Penamaan Goa Gong memang agak berbau mistis, yaitu konon pada saat-saat tertentu, di gunung yang terdapat gua tersebut sering terdengar bunyi-bunyian semacam gamelan Jawa, pertunjukan Reog bahkan sering terdengar orang menangis. Namun penjelasan yang masuk akal adalah dinamai Goa Gong karena ada stalaktit yang menggantung di atap goa bila dipukul akan menimbulkan bunyi bergema seperti suara gong.
Indahnya Goa Gong Pacitan.
Ruang mengkubah Goa Gong Pacitan (sumber : Mangkoko.com)
Menjelajahi Goa Gong sungguh menyenangkan. Lingkungan sekitar Gua Gong ini begitu asri dan sejuk, karena dikelilingi oleh sederetan gunung. Diantaranya Gunung Manyar, Gunung Gede, Gunung Karang Pulut dan Gunung Grugah. Panorama alamnya sangat indah dan menakjubkan.
Didalam Goa Anda akan melihat stalaktit (batuan yang menggantung di langit-langit gua) dan stalakmit (batuan yang menjulang dari dasar bumi) aneka bentuk yang menghiasi ruang dalam goa, sangat eksotis.
Wisata-indonesiana.blogspot.com
Keindahan Goa Gong (sumber : Pbase.com)
Goa Gong memiliki penerangan yang cukup dan Anda jangan khawatir dengan medannya, karena gua ini dilengkapi dengan jalan setapak yang cukup baik. Selain batuan, di dalam gua ini terdapat sendang-sendang yang airnya jernih. Ada sekitar lima sendang yang konon memiliki nilai magis dalam penyembuhan penyakit, yaitu Sendang Jampi Rogo, Sendang Panguripan, Sendang Relung Jiwo, Sendang Kamulyan dan Sendang Relung Nisto. Di salah satu ruangan,terdapat batuan kristal dan marmer.

Lokasi Goa Gong terletak di wilayah Dusun Pule, Desa Bromo, Kecamatan Punung, Kabupaten Pacitan. Dari pusat Kota Pacitan jaraknya kira-kira 37 km ke arah barat.

Anda bisa mencapai Goa Gong baik dengan menggunakan sepeda motor maupun mobil. Jalan menuju Goa Gong relatif mulus dan cukup lebar dan nyaman dilalui. Namun Anda juga perlu waspada karena jalannya berliku dan naik turun dan beberapa km menjelang sampai di lokasi, jalanan menyempit sehingga kecepatan kendaraan harus dikurangi, apalagi kalau berpapasan dengan kendaraan dari arah sebaliknya.

Di objek wisata Goa Gong, Anda dapat menyewa pemandu wisata atau hanya sekedar membeli buku panduan wisata Goa Gong saja. Fasilitas yang tersedia cukup memadai seperti WC, musholla, toko souvenir, rumah makan, dan tempat parkir.


Demikianlah info Goa Gong di Pacitan, Inikah Goa Terindah di Pulau Jawa?

Terima kasih telah berkunjung ke Wisata Indonesia, semoga bermanfaat bagi Anda.


loading...

0 Response to "Goa Gong di Pacitan, Inikah Goa Terindah di Pulau Jawa?"

loading...