Tips Berlibur Murah Ke Lombok Ala Backpacker


Tips Berlibur Murah Ke Lombok - Lombok semakin populer sebagai salah satu tujuan wisata di Indonesia bagian timur. Hal ini tak lepas dari banyak dan beragamnya obyek wisata yang menarik di wilayah yang bertetangga dengan Bali ini. Lombok dikenal menyimpan potensi wisata budaya, pantai yang indah dan gunung yang menakjubkan.
Backpacker ke Lombok
Dilihat dari jaraknya memang cukup jauh mencapainya bagi traveler yang tinggal di Pulau Jawa dan karenanya berlibur ala backpacker ke Lombok tidak bisa dilakukan dalam waktu liburan singkat. Setidaknya dibutuhkan waktu 5-7 hari untuk menikmati obyek wisata di Lombok dan sekitarnya. Sayangkan sudah jauh-jauh datang, kalau tidak bisa menikmati liburan secara maksimal di Lombok yang dikenal sebagai Pulau Seribu Masjid ini.

Kabar baiknya, untuk berlibur di Lombok, traveler tidak harus merogok kocek dalam-dalam karena bisa dicapai dengan transportasi darat dan laut, tanpa harus naik pesawat terbang. Tentu saja perlu persiapan matang jauh hari agar tips berwisata murah ke Lombok ala backpacker ini bisa diterapkan. Jadi jika Anda berencana berlibur ke Lombok beserta teman-teman, tidak ada salahnya mulai sekarang menyiapkan diri.

Rute Perjalanan Menuju Lombok ala Backpacker

Katakanlah starting point perjalanan ke Lombok ini dimulai dari Jakarta. Lalu bagaimana cara untuk menuju Lombok dari Jakarta dengan murah? Berikut tipsnya melakukan perjalanan murah ala backpacker dengan biaya kurang dari Rp 400 ribu. Patokan biaya ini pada awal 2016.

Pertama-tama dari Jakarta menuju ke Surabaya gunakan transportasi kereta api (KA) Gaya Baru Malam dari Stasiun Pasar Senen dengan harga tiket Rp 110 ribu. Kereta akan berangkat pada pukul 10.30 WIB dan tiba di Stasiun Surabaya Gubeng pukul 01.45 WIB, total dibutuhkan waktu sekitar 14 jam 15 menit.

Surabaya-Banyuwangi
Dari Stasiun Gubeng selanjutnya traveler akan melanjutkan perjalanan ke Banyuwangi dengan kereta api lainnya.

Ada empat jadwal perjalanan kereta api dari Surabaya menuju Banyuwangi, yaitu menggunakan KA Mutiara Selatan (jadwalnya siang dan malam), KA Probowangi dan KA Sri Tanjung.

Dari jadwal keberangkatan yang ada, yang paling dekat dengan waktu kedatangan KA Gaya Baru Malam adalah KA Probowangi. Probowangi adalah KA ekonomi AC dengan harga tiket hanya Rp 68 ribu (2015). Perlu dicermati oleh traveler, pemesanan tiket KA Probowangi secara online hanya dapat dilakukan di loket stasiun pada H-30 atau sebulan sebelum keberangkatan. Atau pada hari H di loket stasiun.

Jika KA Gaya Baru Malam tiba tepat waktu di Stasiun Gubeng pukul 01.45, KA Probowangi berangkat pukul 04.25 WIB. Artinya traveler punya waktu sekitar 2 jam 40 menit untuk beristirahat sambil menyiapkan diri menunggu keberangkatan berikutnya. Kereta Api Probowangi dijawadkan sampai di Stasiun Banyuwangi Baru pada pukul 11.45 WIB. Artinya jarak Surabaya-Banyuwangi ditempuh dalam waktu sekitar 7 jam 15 menit.

Oya, traveler jangan salah turun ya, di Banyuwangi ada beberapa stasiun. Sesuai dengan tujuan traveler ke Lombok, maka yang paling pas adalah turun di Stasiun Banyuwangi Baru atau stasiun terakhir Probowangi. Letak Stasiun Banyuwangi Baru ini berada di depan Pelabuhan Penyeberangan Ketapang.

Sesampainya di Stasiun Banyuwangi Baru, silakan isi perut di sekitar stasiun sebelum melangkah menuju Pelabuhan Ketapang di seberang jalan yang bisa ditempuh berjalan kaki sekitar 15 menit.

Ketapang-Padangbai
Di Pelabuhan Ketapang traveler bisa memilih bus jurusan Terminal Ubung di Denpasar. Bus jurusan Pelabuhan Ketapang ke Terminal Ubung tersedia selama 24 jam, dengan lama perjalanan sekitar 3 jam, termasuk penyeberangan Selat Bali via kapal feri. Harga tiket busnya sekitar Rp 30 ribu – Rp 50 ribu.
Pelabuhan Ketapang Banyuwangi.
Pelabuhan Ketapang Banyuwangi (sumber : Sentananews.com)
Dari Terminal Ubung perjalanan dilanjutkan menuju Pelabuhan Padangbai menggunakan bus. Biayanya sekitar Rp 40 ribu - Rp 50 ribu dengan lama perjalanan sekitar 4 jam.

Pilihan lain, traveler bisa langsung naik kapal feri dari Pelabuhan Ketapang menuju Pelabuhan Gilimanuk di Bali dengan ongkos sekitar Rp 10 ribu. Selanjutnya melanjutkan perjalanan dengan bus menuju Pelabuhan Padang Bai dengan harga tiket sekitar Rp 50 ribu. Dari Gilimanuk ke Padang Bai bus beroperasi dari jam 02.30 WIB.

Padangbai - Lembar
Sesampainya di Pelabuhan Padangbai, traveler akan menyeberang menuju Pelabuhan Lembar di Pulau Lombok, tentu saja naik feri dengan biaya sekitar Rp 45 ribu – 50 ribu. Dibutuhkan waktu sekitar 4-5 jam untuk menyeberangi Selat Lombok. Pada musim ombak besar atau cuaca buruk waktunya bisa lebih lama lagi.

Setelah tiba di Pelabuhan Lembar berarti sudah tiba di Pulau Lombok. Untuk menuju pusat Kota Mataram, transportasi yang tersedia di Pelabuhan Lembar adalah angkutan kota, taksi, dan mobil sewaan. Angkutan kota tersedia mulai pukul 06.00 - 17.00 WITA dan biaya yang dibutuhkan Rp 10.000. Ambillah angkutan kota dengan tujuan Pelabuhan Lembar ke Terminal Bertais.
Pelabuhan Lembar.
Pelabuhan Lembar Lombok (sumber : Kompas.com)
Hitung-hitung biaya transportasi dari Jakarta sampai Kota Mataram ternyata tidak sampai Rp 400 ribu, dengan perincian berikut :
- Stasiun Pasar Senen - Stasiun Surabaya Gubeng Rp 110.000
- Stasiun Surabaya Gubeng - Stasiun Banyuwangi Baru Rp 68.000
- Pelabuhan Ketapang – Padang Bai  Rp 100.000
- Pelabuhan Padang Bai - Pelabuhan Lembar Rp 50.000
- Pelabuhan Lembar - Terminal Bertais Rp 10.000

Kalaupun ditambah biaya makan sebanyak 6 kali dengan perhitungan @ Rp 20 ribu, maka totalnya hanya Rp 458 ribu sudah sampai di Mataram Lombok.

Dari Terminal Bertais ini selanjutnya Anda bisa meneruskan perjalanan menuju ke tempat wisata di Lombok sesuai dengan yang diinginkan. Angkutan umum di Lombok disebut Bemo, bukan beroda tiga seperti yang biasa kita kenal, namun menggunakan mobil Suzuki Carry.  Ada beberapa lokasi wisata yang bisa dijangkau dengan transportasi umum dari Terminal Bertais Lombok, diantaranya adalah :
Bemo angkutan umum Lombok
Bemo, angkutan umum Lombok (sumber : Wisatalombokaja.blogspot.com)
Ke Pantai Senggigi
Dari Bertais Anda bisa menggunakan angkutan umum bemo, dengan ongkos Rp 2.000 sampai Ampenan. Selanjutnya ganti naik carry box ke arah Tanjung dengan ongkos Rp.5.000. Nah Anda bisa turun di pantai yang Anda inginkan.

Ke Gili Trawangan
Dari Bertais naik angkutan umum L300 warna putih ke arah Tanjung, minta berhenti di Pemenang. Ongkosnya Rp.10.000. Selanjutnya naik cidomo (dokar ala Lombok) atau ojek sekitar Rp.5.000 ke pelabuhan Bangsal. Dari Bangsal naik kapal boat menyebrang ke Gili dengan ongkos Rp.10.000 per orang.

Ke Kuta Lombok
Dari Bertais naik angkutan umum L300 warna putih ke arah terminal Praya Rp.10.000. Atau Anda bisa naik ojek langsung ke Kuta dengan ongkos Rp. 25.000.

Ke Taman Narmada
Menuju Taman Narmada bisa dicapai dengan naik minibus Mitsubishi yang biasa disebut engkel dan turun di Narmada, ongkosnya Rp. 5.000.

Oya ongkos transportasi tersebut tentu saja akan menyesuaikan dengan perkembangan, tapi setidaknya itu bisa menjadi patokan untuk memperhitungkan budget perjalanan Anda.

Selain menggunakan transportasi umum yang murah meriah tersebut, ada alternatif lain jika Anda ingin lebih bebas menjelajahi Lombok. Yaitu dengan menyewa motor. Apalagi jika Anda bepergian berdua, tentu ongkos sewanya bisa dishare dengan teman, sehingga lebih hemat tentunya. Sewa motor di Lombok tarifnya tidak beda banyak dengan tempat lain, yaitu sekitar Rp 50 ribu/hari.

Untuk penginapan selama di Lombok, tersedia banyak pilihan penginapan murah sekelas homestay atau hotel melati, dengan tarif mulai dari Rp 100 ribu/malam. Yang penting ketika memilih tempat menginap perlu pertimbangkan rute wisata dan jarak tempuhnya agar waktu liburan yang tersedia dapat Anda manfaatkan lebih efektif dan menghemat budget transportasinya.

Nah, demikian info berwisata murah meriah ala backpacker ke Lombok. Semoga bermanfaat.




Demikianlah info Tips Berlibur Murah Ke Lombok Ala Backpacker

Terima kasih telah berkunjung ke Wisata Indonesia, semoga bermanfaat bagi Anda.


2 Responses to "Tips Berlibur Murah Ke Lombok Ala Backpacker"

  1. Seruu banget liburanya kak, Yukk browsing Info Paket Backpacker Karimunjawa yang menyediakan Paket Wisata Karimunjawa Murah Liburan ke Karimunjawa cuma 175rb Hubungi 082 234 463 000 One Day Tour Karimunjawa 175rb dan mau nyari barang-barang funiture HD Furniture Jepara

    BalasHapus
  2. prasyarat sewa motor di yogyakarta

    untuk kriteria dalam menyewa motor kami tidak serumit yang lain, cukup 3 kriteria yang kami wajibkan yakni :
    kerjakan pesanan persewaan minimum 1 minggu lebih dahulu hari H
    waktu hari H tiba, hubungi sekali lagi CS kami untuk lakukan pengiriman armada atau datang ke tempat kami untuk ambil armada
    lebih dahulu serah terima armada, anda di wajibkan memerlihatkan 2 jati diri yang berlainan (SIM, serta KTP atau jati diri yang lain)
    yakin masalah transportasi ayng irit serta ekonomis cuma denagn kami sewa motor di jogja, tetapi apabila anda memerlukan armada yang cukup untuk transportasi keluarga silahkan hubungi sewa mobil murah di jogja malioboro

    BalasHapus

loading...