Inilah Pesona Wisata Kota Batu Yang Wajib Anda Kunjungi


Pesona Wisata Kota Batu - Berwisata di Kota Malang, Jawa Timur, rasanya masih kurang lengkap jika belum mengunjungi Kota Batu. Wilayah dataran tinggi yang berjarak setengah jam dari pusat Kota Malang ini memiliki beragam obyek wisata , baik wisata alam maupun buatan, yang bisa menjadi pilihan berlibur.

Wilayah kota Batu yang terdiri dari perbukitan dan pegunungan memang sangat berpotensi dikembangkan sebagai daerah tujuan wisata. Tak heran jika di Kota Batu kemudian dikenal sebagai Kota Wisata karena terdapat destinasi-destinasi wisata yang sangat terkenal serta tak pernah sepi dari pengunjung dari berbagai luar kota.

Kota wisata Batu yang jaraknya hanya sekitar 15 km ke sebelah Barat dari Malang, memang menawarkan beragam obyek wisata, baik alam maupun buatan. Wisata edukasi yang menyenangkan bisa menjadi pilihan mengajak anak untuk menikmati Kota Batu.

Berikut 16 pilihan destinasi wisata di Kota Batu yang wajib dikunjungi wisatawan.

Alun-alun Kota Batu

Memasuki pusat kota Batu dari arah Malang, pandangan akan tergoda oleh sebuah tempat terbuka dengan warna-warni yang menarik. Itulah Alun-alun Kota Batu. Rugi kalau tidak berhenti, meski sejenak. Tidak ada tiket masuk, hanya dikenakan ongkos parkir saja. Alun-alun Batu terbuka selama 24 jam. Siang-malam tempat ini selalu ramai, terlebih pada malam hari dan akhir pekan, pengunjung sangat ramai. Pada malam hari suasana sangat meriah dengan aneka lampu warna-warni yang indah.
Alun-alun Kota Batu-Malang.
Alun-alun Kota Batu (sumber : Malang-guidance.com)
Alun-alun Batu adalah tempat nongkrong paling asyik di Kota Batu. Kebersihan dan kenyamanan pengunjung sangat terjaga di sini. Tidak ada gangguan pengamen, pengemis atau tukang asongan. Fasilitas umum yang tersedia di tempat ini antara lain taman bunga warna-warni, pepohonan yang rindang, tempat duduk yang nyaman, arena bermain anak, air mancur yang indah, toilet yang bersih berbentuk buah apel raksasa, ruang informasi berbentuk stroberi dan smoking area bagi perokok. Benar-benar nyaman. Soal makanan tidak usah kuatir, sekitar Alun-alun Batu bertebaran aneka pilihan tempat makan sesuai selera. Jika sempat, cobalah Pos Ketan 1967 yang sangat legendaris, namun Anda harus menunggu sampai malam hari untuk menikmatinya.

Bagi pengunjung yang ingin menikmati panorama kota Batu dari ketinggian 60 m lebih, bisa naik wahana bianglala alias ferris wheel yang memiliki 17 kabin. Ini satu-satunya wahana yang tidak gratis. Karcisnya pun hanya Rp 3 ribu/orang. Sekedar tahu, dari ongkos bianglala inilah digunakan untuk biaya operasional Alun-alun Batu. Tidak percuma Anda mencobanya.

Museum Angkut dan Movie Star Studio

Seperti namanya, Museum Angkut (MA) memiliki koleksi semua jenis moda transportasi dari seluruh prnjuru dunia, baik yang tradisional, modern, maupun replika. Tidak kurang dari 300 koleksi berbagai jenis moda transportasi ada di museum ini, mulai helikopter sampai duplikat gerobak dan sapinta, juga motor dan mobil kuno. Uniknya kendaraan-kendaraan tersebut ditata apik dengan latar belakang sesuai tempat asalnya, lengkap dengan informasi sejarah mengenai kendaraan tersebut.
Museum ini memiliki beberapa zona seperti zona Gangster Town dan Broadway Street, zona Hollywod, zona Las Vegas, zona Istana Buckingham dan lain sebagainya. Berselfie di museum ini Anda seakan berada di negara aslinya.
Museum Angkut Batu.
Replika Gangster Town (sumber : Kompas.com)
Usai menjelahi Museum Angkut, pengunjung bisa menikmati santapan lezat di Pasar Apung ala Kalimantan, diatas perahu yang mengapung dengan aneka menu nusantara.

Museum Angkut yang berdiri diatas lahan seluas 3,8 hektar ini terletak di lereng Gunung Panderman yang memiliki pemandangan indah, letaknya hanya 2 km dari Alun-alun kota Batu. Pengunjung dijamin puas berada ditempat ini. Jam operasional mulai pukul 12 siang sampai 8 malam.

Jatim Park 1

Jatim Park merupakan wahana serta tempat rekreasi serta taman belajar yang berlokasi di Kota Batu. Wisata Jatim Park terdiri dari Jatim Park 1 dan Jatim Park 2. Satu dengan lainnya memiliki kelebihan yang berbeda.
Jatim Park 1 Batu-Malang.
Pintu masuk Jatim Park 1 (sumber : Wisatapedi.com)
Jatim Park 1 berada di Jl. Kartika no 2, Kota Wisata Sisir, Kec. Batu, Kota Batu. Tempat wisata ini selalu dibanjiri pengunjung dan sudah menjadi salah satu ikon wisata Jawa Timur yang paling diminati.

Jatim park 1 dibangun sebagai taman bermain serta hiburan yang tujuannya adalah untuk mengedukasi pengunjung terutama anak-anak.

Obyek wisata Jatim Park 1 memiliki 36 wahana, diantaranya kolam renang raksasa (dengan latar belakang patung Ken Dedes, Ken Arok, juga Mpu Gandring), spinning coaster, serta drop zone.
Sebagai wahana edukasi, Jatim Park 1 memiliki volcano dan galeri nusantara. Terdapat juga tanaman agro, diorama binatang langka, dan miniatur candi-candi.

Di tempat wisata ini juga tersedia bioskop 4 dimensi yang menyuguhkan suasana baru dalam perindustrian pariwisata dan hiburan di Jawa Timur.

Untuk harga tiket ditempat wisata ini pada hari Senin sampai dengan hari Kamis berkisar Rp. 55.000,- dan Rp. 75.000,- pada hari Jumat sampai dengan Minggu.

Jatim Park 2

Obyek wisata Jatim Park 2 berada di Jl. Oro-oro Ombo no 9, Temas, Kec. Batu, Kota Batu. Meski sama-sama menggunakan nama Jatim Park, Jatim Park 2 lebih mengutamakan fungsi belajar tentang ilmu alam, biologi dan satwa liar.
Wisata Jatim Park 2 Batu-Malang.
Jatim Park 2 (sumber : Infojalan-jalan.com)
Daya pesona Jatim Park 2 terdapat pada museum satwa, batu secret zoo, dan pohon Inn Hotel (hotel berbentuk pohon).

Selain itu di area Jatim Park 2, pengunjung dapat berkeliling menikmati akuarium, cafe istana semut, tiger land, savannah, river adventure, dan beberapa keseruan lainnya.

Selain memiliki Museum Satwa dan Batu Secret Zoo, di Jatim Park 2 terdapat juga wisata edukasi bernama Eco Green Park. Di tempat ini, Anda dapat belajar soal lingkungan dan ekosistem hijau yang dikemas secara menarik dan menghibur.

Museum Satwa


Museum Satwa masih dalam area yang sama dengan Batu Secret Zoo, wisatawan bisa menikmati bebagai koleksi satwa dari penjuru dunia yang diawetkan. Bahkan terdapat beberapa replika satwa purba dinosaurus yang ditampilkan di museum indoor ini.
Satwa yang diawetkan dari hewan yang telah mati ini berasal dari berbagai belahan dunia dan ditampilkan didalam sebuah diorama. Museum Satwa ini bisa menjadi salah satu alternatif museum edukasi untuk anak-anak.
Museum Satwa Batu-malang.
Museum Satwa (sumber : Malangonline.com)

Batu Secret Zoo


Sebagai bagian dari kawasan Jatim Park 2, Batu Secret Zoo merupakan salah satu kebun binatang yang memiliki konsep modern. Dengan berbagai macam koleksi hewan yang berasal dari habitat di Asia dan Afrika, pengunjung dapat menikmati interaksi dengan hewan-hewan dari jarak dekat.Pembagian area Batu Secret Zoo berdasarkan klasifikasi hewan menjadi daya tarik tersendiri untuk pengunjung. Pemilahan zona reptil, zona lemur, zona akuarium, zona savannah, dan berbagai macam zona lain membuat pengunjung melihat masing-masing hewan sesuai dengan rute yang telah ditentukan.

Di dalam area kebun binatang yang dibuka sejak tahun 2010 ini, juga terdapat wahana untuk bermain dan berenang bagi anak-anak.
Batu Secret Zoo Batu-Malang.
Batu Secret Zoo (sumber : Femalist.com)

Eco Green Park

Wisata edukasi di Kota Wisata Batu yang menarik adalah Eco Green Park (EGP). Disini pengunjung diajak terjun langsung ke alam terbuka, mengenal berbagai jenis binatang hidup di tengah lingkungan alam dengan aneka tumbuh-tumbuhan.
Miniatur candi seluruh Indonesia (sumber : Pinterest.com)
EGP sekilas mirip kebun binatang, karena disini juga ada aneka binatang, namun sebagian besar adalah jenis satwa ternak yang kotorannya bisa didaur ulang. Seperti sapi, kambing dan ayam.
karena di dalamnya juga terdapat berbagai macam binatang. Akan tetapi, binatang yang ada sebagian besar adalah jenis satwa ternak yang kotorannya bisa didaur ulang dan diolah sebagai bahan sumber energi biogas. Misalnya, berbagai jenis sapi dan kambing, juga ayam.  

Wahana unggulan di Eco Green Park diantaranya adalah Rumah Terbalik, Jungle Adventure yang mengajak Anda berpetualang di hutan. Ada juga replika dari candi-candi terkenal di Indonesia.

Museum Tubuh Bagong Adventure

Museum Tubuh Bagong Adventure merupakan destinasi edukasi yang dibuka sejak 20 Desember 2014. Museum ini memiliki luas 3,5 hektar tercatat sebagai museum tubuh manusia pertama di Indonesia dan terbesar di kawasan Asia saat ini.
Museum tubuh Bagong Adventure, Batu-Malang.
Salah satu bagian dari Museum Tubuh (sumber : Swakoo.com)
Koleksi Museum Tubuh (MT) ini adalah organ-organ tubuh manusia yang ditampilkan dalam bentuk visual 3 dimensi. Bahkan, sebagian organ berukuran "raksasa" sehingga pengunjung bisa masuk dan berjalan-jalan di dalam "organ" manusia tersebut.

Dengan luas sekitar 3.5 Hektare, pengunjung diberikan akses untuk menelusuri Museum Tubuh Bagong Malang yang dilengkapi dengan berbagai fasilitas multimedia modern yang dipergunakan untuk mendukung zona edukasi anatomi tubuh manusia.

Museum Tubuh Bagong Batu sendiri memiliki gedung yang berbentuk relief tubuh manusia dengan karakter bagong dan terdiri dari 6 lantai di dalamnya. Terdapat 13 zona yang tersebar disetiap lantainya, mulai dari zona Zona Otak, Gigi, Mata, Telinga, Mulut, Hidung, Tulang, Jantung, Hati, Paru-paru, Usus besar, Usus Halus, Lambung, Pembuluh Darah, dan beberapa zona-zona bagian tubuh lainnya.

Tak hanya berwisata dan mendapat pengetahuan, pengunjung juga dapat pemeriksaan gratis meliputi 10 item kesehatan, diantaranya cek gula darah, cek kolesterol, cek asam urat, tensi darah, cek berat badan ideal, cek tinggi badan ideal, cek osteoporosis dan cek kesehatan mata.

Museum Tubuh Bagong Adventure juga dilengkapi dengan fasilitas Foodcourt, sehingga anda tidak perlu khawatir akan kelaparan selama menelusuri isi museum.

Lokasi Museum Tubuh Bagong Adventure ini masih satu kawasan dengan Jawa Timur Park 1, yang beralamat di Jalan Kartika No 2 Kota Wisata Batu, sehingga menjadi objek wisata pelengkap waktu berlibur sekaligus belajar anda bersama keluarga. Museum ini buka setiap harinya mulai pukul 8.30 sampai dengan pukul 16.30 WIB.


Predator Fun Park

Predator Fun Park adalah obyek wisata penangkaran buaya jenis buaya Muara yang baru dibuka pada 2015. Tempat ini awalnya disebut Taman Buaya merupakan satu-satunya taman predator di Jawa Timur. Di sini terdapat kurang lebih 200 ekor buaya yang terdiri dari buaya irian, buaya brasil, buaya muara, dan buaya monyong. Selain itu pengunjung juga akan dapat melihat secara langsung ikan pari, ikan piranha, ikan nila, aligator fish, ikan arapaima.
Wisata Predator Fun Park Batu-Malang.
Pintu gerbang Predator Fun Park (sumber : Halomalang.com)
Ketika masuk kedalam Predator Fun Park, pengunjung akan melihat galeri buaya, dimana terdapat buaya yang diawetkan dan dibentuk seunik mungkin loh. Pengunjung ditunjukkan data penyebaran buaya yang ada di seluruh dunia, anatomi buaya, serta anatomi telur buaya, ada juga galeri telur buaya, bahkan pengunjung juga dapat melihat telur buaya secara langsung.

Selain wisata penangkaran buaya, Predator Fun Park dilengkapi dengan berbagai macam wahana hiburan permainan anak dan dewasa. Wahana tersebut antara lain wahana budidaya ikan, rekreasi kolam pancing, renang, fun house, kereta wisata, arena outbound, play trampoline, fun house, arena bermain air, dan sebagainya.

Di Predator Fun Park pengunjung tidak hanya menikmati wisata edukasi saja, namun juga bisa menjumpai replika Alun-alun Kota Batu lengkap dengan bianglalanya. Bukan sekedar kembaran, penataan tempat beserta ikon-ikon Alun-alun Kota Batu seperti air mancur dan bianglala ditampilkan mirip seperti aslinya.


Wisata Predator Fun Park terletak di jalan Raya Tlekung No. 315 Junrejo Batu, setiap hari buka mulai pukul 09.00 WIB hingga pukul 16.00 WIB.

Omah Kayu Paralayang

Omah Kayu alias rumah yang menempel diatas pohon menjadi tujuan wisata yang unik di Kota Batu. Berada di Omah Kayu yang terletak 1.000 meter di atas permukaan laut Anda leluasa menikmati pemandangan indah kota Batu dan sekitarnya. Karena itu wilayah ini sering disebut juga Puncaknya kota Batu. Perpaduan sensasi berselfie di ketinggian, pemandangan alam bebas yang menakjubkan plus keunikan Omah Kayu, menjadi magnet tersendiri bagi wisatawan untuk tidak melewatkan destinasi yang satu ini.
Omah Kayu  Batu (sumber : Infotujuanwisata.com)
Jika kurang puas, Anda juga bisa menginap di hotel "Omah Kayu" dengan biaya Rp 300 ribu untuk hari biasa dan Rp 450 ribu saat weekend.Tapi kalau hanya masuk area wisata "Omah Kayu" untuk berfoto dan menikmati pemandangan sekitar, dikenakan tiket masuk sebesar Rp 5 ribu.

Lokasi Omah Kayu tidak jauh dari Alun-Alun Batu, jaraknya hanya sekitar 6,5 km, yang dapat dicapai dengan motor atau mobil. Lokasinya masih sama dengan wisata pemandian air panas Songgoriti.

Dari Kota Malang menuju lokasi, jaraknya sekitar 25 km. Dalam waktu sekitar 35 menit, Anda dapat mencapai lokasi dengan kendaraan roda empat atau roda dua.Jika Anda masuk dari arah Surabaya melewati jalur pegunungan Batu yang berkelok-kelok, maka Anda dapat langsung menuju ke lokasi sebelum melewati alun-alun kota Batu.

Taman Wisata Selecta

Selecta merupakan tempat wisata legendaris di kota Batu. Jauh sebelum tempat-tempat wisata yang kini populer dibangun, Selecta sudah menjadi tujuan wisata favorit warga Malang dan sekitarnya. Sampai sekarang pun taman rekreasi Selecta yang memiliki area seluas 18 hektar ini masih banyak dikunjungi oleh wisatawan.
Taman wisata Selecta-Batu.
Taman wisata Selecta (sumber : Liputan6.com)
Taman wisata Selecta yang terletak di Desa Tulungrejo Kecamatan Bumiaji Kota Batu, berada di ketinggian sekitar 1.150 meter diatas permukaan laut (dpl). Dikelilingi oleh Gunung Panderman, Gunung Arjuno, Gunung Welirang, dan Gunung Anjasmoro, membuat keindahan Selecta sangat mempesona. Dari pusat kota Batu jaraknya hanya sekitar 6 km.

Taman wisata ini dilengkapi dengan berbagai fasilitas bermain mulai dari kolam renang, water park, flying fox, hamparan taman bunga, penginapan dan fasilitas lainnya. Pengunjung bisa sepuasnya bermain air dan bercengkerama di taman bunga.
Taman bunga di Selecta (sumber : Ikutilangkahkaki.com)
Wisata Selecta dibangun oleh warga Belanda bernama De Ruyter De Wildt pada tahun 1920-1928. Berasal dari kata Selectia yang berarti Pilihan, lokasi wisata ini awalnya ditujukan sebagai tempat tetirah bagi para pembesar birokrasi dan warga Belanda pada masa revolusi kemerdekaan.

Pada tahun 1949, Selecta sempat dibumihanguskan oleh pejuang Indonesia. Namun tahun 1950 Selecta dibangun kembali oleh 47 orang pendiri dengan membentuk perseroan terbatas untuk mengelolanya.

Di dalam Selecta, sejumlah villa dengan arsitektur Belanda masih berdiri kokoh. Salah satu villa yang cukup terkenal dan bersejarah adalah Villa De Brandarice. Presiden Soekarno atau Bung Karno pada tahun 1950 pernah tinggal cukup lama di villa yang kini namanya berubah menjadi Wisma Bima Shakti.


Sampai saat ini wisma dan kamar itu masih dalam kondisi terawat dan difungsikan untuk penginapan sebagaimana mestinya dan banyak diminati pengunjung dengan tarif sebesar Rp 450 ribu per malam.

Taman Wisata Songgoriti

Taman wisata Songgoriti merupakan salah satu tempat rekreasi di Kota batu yang lebih di kenal dengan nama Pemandian Tirta Nirwana Songgoriti. Taman Wisata Songgoriti terletak di kaki gunung banyak, Jl.Songgoriti Batu-Malang tepatnya di Kelurahan Songgokerto, Kecamatan Batu.
Wisata Songgoriti, Batu-Malang.
Jalan masuk wisata Songgoriti (sumber : Batumedia.com)
Di wisata Songgoriti anda akan dapat menikmati kolam renang, outbond, pemandian air panas, taman- taman mempesona, danau air panas, makam mbah Pathok atau Empu Supo yang bersejarah, dan Pasar wisata songgoriti Batu yang menjual beberapa kerajinan tangan/souvenir dan oleh-oleh khas Malang. Ada juga danau buatan yang dapat ditelusuri menggunakan sepeda air. Pengunjung juga bisa melihat obyek wisata bersejarah yaitu Candi Songgoriti yang merupakan peninggalan kerajaan Majapahit.


Jangan lupa menikmati Pemandian Air Panas Alami ( PAPA ) belerang di Wisata Songgoriti Batu. Sumber dari air panas ini ada di bawah candi Songgoriti yang dialirkan melalui pipa ke pemandian. Menurut sejarahnya sumber ini dulunya di pakai untuk mensucikan keris pusaka Raja Sindoh, yang merupakan seorang raja dari kerajaan Singosari abad ke – 5 M.

Batu Night Spectacular (BNS) 

Tak perlu bingung jalan-jalan malam hari di Kota Batu. Cobalah untuk datang ke Batu Night Spectacular (BNS) yang justru buka mulai sore sampai malam hari. Karena memang sebagian dari area taman ini terdiri dari lampu-lampu yang menyala cantik pada malam hari. Layaknya pasar malam, BNS memiliki aneka wahana permainan yang bisa dimainkan oleh semua usia.
Wisata BNS Batu.
Pesona taman lampion di BNS (sumber : Pedomanwisata.com)
Letak BNS berada di dekat kompleks tempat wisata di malang terbesar, Jawa Timur Park, tepatnya di Jl. Raya Oro-oro Ombo 200 Kota Wisata Batu, tempat ini memang dikhususkan menjadi ikon wisata malam di Batu.

BNS sendiri menyajikan aneka wahana permainan yang bisa di nikmati seluruh anggota keluarga. Terdapat puluhan wahana yang tidak akan bisa Anda lupakan setelah menikmatinya seperti gallery hantu, slalom test, sepeda udara tertinggi, lampion garden dan trampoline.

Di obyek wisata BNS ini Anda juga bisa menguji adrenalin dengan mencoba beberapa wahana menarik, seperti drag race, mouse coaster, dan beberapa permainan lain. Banyak juga wahana yang khusus disediakan untuk anak-anak seperti kids zone yang terdiri dari 25 macam.


Selain menikmati suasana pasar malam, anda juga bisa mencicipi beragam pilihan untuk menikmati santap malam di food court Batu Night Spectacular.

Kusuma Agro Wisata

Kota Batu dikenal sebagai kota apel. Tak heran sejak dulu apel Batu memang sudah terkenal, disini juga banyak terdapat sentra industri buah apel. Di berbagai lokasi di kota Batu akan mudah ditemukan para penjual apel. Nah, jika tertarik mengetahui darimana asalnya apel-apel tersebut, Anda bisa datang ke Kusuma Agrowisata Batu.

Di Kusuma Agrowisata Batu ini Anda bisa memetik buah apel segar langsung dari pohonnya. Tempat ini merupakan pelopor agrowisata di Kota Batu.

Kusuma Agrowisata adalah hotel dan lokasi wisata agro sekaligus. Biasanya hotel memberikan fasilitas wisata kepada tamunya, tapi Kusuma Agrowisata Batu justru kebalikannya. Wisata Kusuma Agrowisata malah menawarkan hotel sebagai fasilitas pendukungnya.
Kusuma Agrowisata, Batu-Malang.
Agro strawberry di Kusuma Agrowisata (sumber : Sobatpetualang.com)
Kusuma Agrowisata terletak pada ketinggian ±1000 meter dari permukaan laut yaitu di Jl. Abdul Gani Atas, Ngaglik, Kota Batu. Wisata yang ditawarkan adalah perkebunan yang menyediakan layanan wisata petik di kebun apel, jeruk, jambu merah, buah naga, stroberi dan sayur hidroponik bebas pestisida. Ada beberapa paket wisata yang ditawarkan.

Selain wisata petik, objek wisata berhawa sejuk ini juga menawarkan wahana outbound seperti bermain War Game di arena airsoft gun, mengendarai ATV di mini off-road track danflying fox.

Taman Rekreasi Sengkaling

Taman Rekreasi Sengkaling termasuk salah satu tempat wisata legendaris di Malang. Letaknya memang tidak berada di kota Batu, namun karena posisinya yang strategis berada tepat di poros jalan raya Malang-Batu, membuatnya sering menjadi tempat persinggahan bagi wisatawan yang datang dari arah Surabaya dan sekitarnya.
Wisata Sengkaling Malang.
Taman rekreasi Sengkaling (sumber : Umm.ac.id)
Taman Rekreasi Sengkaling pertama kali didirikan oleh orang berkebangsaan Belanda yakni Mr. Coolman pada tahun 1950. Namun sejak tahun 1975 sampai sekarang dibawah pengelolaan Bentoel Group.

Taman Rekreasi Sengkaling memiliki luas 9 hektar, 6 hektar diantaranya berupa taman dan pepohonan hijau yang rindang. Tempat wisata ini mempunyai berbagai fasilitas yang memiliki keunggulan tersendiri dibandingkan tempat wisata yang lain. Salah satunya adalah wisata airnya  yang berasal dari sumber alami pegunungan. Konon, salah satu sumber yang ada yaitu Kolam Tirta Alam, dipercayai bisa membuat orang awet muda dan sampai saat inipun masih banyak masyarakat yang mempercayainya.

Selain taman, taman rekreasi Sengkaling Malang juga mempunyai beberapa fasilitas seperti 5 kolam renang air panas atau pun dingin, 2 gedung serba guna, 13 jenis permainan seperti kiddy train, sepeda air, boom car, dan masih banyak lagi. Selain itu, ada juga 2 restoran, tempat fitness, 2 lapangan tenis, taman satwa, dan tentunya lahan parkir yang lebar dan teduh.

Taman Rekreasi Sengkaling terletak di jalan Raya Mulyoagung no. 188, Kecamatan Dau, Malang. Setiap hari buka dengan jam operasional mulai pukul 06.00 hingga pukul 17.00 WIB.


Itulah 16 tempat wisata populer di Kota Batu Jawa Timur yang pantas Anda pertimbangkan ketika Anda berkunjung ke Malang, khususnya kota Batu.  


Demikianlah info Inilah Pesona Wisata Kota Batu Yang Wajib Anda Kunjungi

Terima kasih telah berkunjung ke Wisata Indonesia, semoga bermanfaat bagi Anda.


1 Response to "Inilah Pesona Wisata Kota Batu Yang Wajib Anda Kunjungi"

loading...