Wisata Populer Di Solo Yang Wajib Dikunjungi


Wisata Populer Solo – Berlibur dan jalan-jalan ke Solo atau juga sering disebut Surakarta pasti menyenangkan. Ada banyak tempat wisata menarik di sekitar kota yang dikenal sebagai “pusatnya budaya Jawa” ini. Tak heran begitu banyak julukan untuk kota Solo, seperti Kota Bengawan, "The Spirit of Java", Kota Angkringan (Hik), Kota Batik, Kota Budaya, Kota Kuliner, Kota Kreatif, Kota Pusaka, maupun Kota Seni. 

Banyak pilihan tempat wisata yang bisa dikunjungi di Solo. Selain destinasi wisata seni-budaya, Kota Solo terkenal dengan wisata sejarah dan wisata kuliner. Selain itu, juga banyak event berkelas di Solo.

Buat Anda yang berencana berwisata ke kota asal Presiden Joko Widodo, berikut ini rekomendasi tempat wisata populer yang wajib dikunjungi di Solo :

Taman Balekambang

Teman Balekambang  yang terletak di jalan Ahmad Yani ini lokasinya dekat dengan Terminal Tirtonadi maupun Stasiun Balapan, sehingga bagi traveler yang datang dengan kendaraan umum, tempat ini bisa jadi jujugan pertama. 

Taman Balekambang memiliki luas 10 hektar, terbagi menjadi dua bagian, yaitu Taman Air Partini yang digunakan untuk permainan perahu, dan Hutan Partinah yang mempunyai koleksi berbagai jenis tanaman langka. Taman Balekambang mulai difungsikan sebagai taman rekreasi dan edukasi sejak tahun 2008.
Taman Balekambang (sumber : Tentangsolo.web.id)
Taman Balekambang bisa jadi pilihan untuk "ngadem" di Kota Solo. Jejeran pepohonan hijau nan teduh yang menyediakan oksigen siap membuat Anda rileks.

Anda bisa duduk-duduk santai bersama keluarga di Taman Balekambang yang digadang-gadang menjadi hutan kota-nya masyarakat Solo. Di sana juga terdapat beberapa ekor rusa yang dilepasliarkan dan ada juga taman reptil, green house, taman air, tempat outbond, gedung ketoprak, serta rumah peristirahatan.

Keraton Kasunanan Surakarta

Tidak akan lengkap ke Solo tanpa mengunjungi Keraton Kasunanan Surakarta. Menjelajahi keraton yang dibangun tahun 1745 oleh Raja Paku Buwono II ini, Anda akan dibawa menjelajahi sejarah, seni, dan juga budaya dalam waktu yang bersamaan.
wisata Solo
Keraton Kasunanan Surakarta (sumber : Sindonews.com)
Di Keraton Kasunanan Surakarta, Anda juga bisa melihat peninggalan di bangunan Kompleks Alun-alun Lor, Kompleks Sasana Sumewa, Kompleks Siti Hinggil Lor, Kompleks Kamandungan Lor, Kompleks Sri Manganti, Kompleks Kedhaton, Kompleks Magangan, Kompleks Sri Manganti dan Kamandungan Kidul, Kompleks Siti Hinggil Kidul dan Alun-alun Kidul.

Dengan tiket masuk yang tidak mahal, pengunjung bisa berkeliling menikmati koleksi benda pusaka di museum, dan juga berfoto dengan prajurit penjaga Keraton Surakarta. Ada pohon sawo kecik, yang artinya sarwo becik, serba baik. Ada kereta-kereta kencana yang dulu ditarik kuda dipamerkan di Keraton Surakarta. 

Untuk menuju tempat ini, Anda bisa melintasi jalan Slamet Riyadi dan lurus hingga pertigaan Gladak. Dari situ, masuk alun-alun utara, lewat sisi samping benteng keraton, dan ketemulah pintu utama istana berpagar putih dan motif ukiran biru putih sebagai ornamen selamat datang. Istana ini menjadi tempat wisata di Solo yang murah meriah.

Taman Sriwedari

Taman Sriwedari adalah tempat bersejarah di kota Solo yang terletak di Kecamatan Laweyan. Dahulu kala, Taman Sriwedari dibuat untuk tempat rekreasi keluarga kerajaan. Sekarang ini, Taman Sriwedari adalah salah satu tempat wisata di Solo yang menarik untuk dikunjungi. Selain itu, di lokasi ini juga terdapat Gedung Wayang Orang Sriwedari yang mempertunjukan kesenian wayang dengan tema cerita Mahabarata dan Ramayana.

Museum Radya Pustaka
Masih di Taman Sriwedari, sempatkan mampir ke Museum Radya Pustaka. Museum Radya Pustaka terletak di kawasan Taman Sriwedari, sekitar 4 kilometer dari Graha Saba Buwana merupakan salah satu museum tertua di Indonesia.

Di Museum Radya Pustaka, terdapat aneka macam koleksi sejarah, seperti tombak, keris, gamelan, buku-buku kuno serta peninggalan-peninggalan lainnya di museum ini. Salah satu koleksi museum adalah porselen yang merupakan hadiah dari Napoleon Bonaparte kepada Sri Susuhunan Paku Buwana IV. Museum Radya Pustaka buka dari hari Selasa hingga Minggu pukul 08.30 – 14.00 WIB dan khusus hari Jumat pukul 08.30 – 11.30 WIB.

Museum Batik Danar Hadi Solo
Danar Hadi adalah salah satu produsen batik terkenal di Solo. Di museum ini, Anda akan melihat koleksi corak, motif, dan jenis kain batik dari seluruh nusantara. Koleksinya bahkan mencapai 10.000 helai kain batik. Museum ini diakui oleh MURI (Museum Rekor Indonesia) sebagai museum yang mempunyai koleksi kain batik terbanyak. Penggemar batik pasti tidak akan melewatkannya.

Pasar Klewer

Pasar Klewer adalah pasar batik legendaries di kota Solo, letaknya di samping Keraton Kasunan, berdekatan dengan alun-alun Solo.
Pasar Klewer Solo
Pasar Klewer Solo (sumber : Sindonews.com)
Pusat tekstil dan sandang terbesar di kota Solo dengan lebih dari 2.000 pedagang. Pengunjung dapat menemukan berbagai jenis batik di Pasar Klewer, mulai dari batik buatan dalam negeri, hingga batik buatan luar negeri.

Sebagian pedagang di Pasar Klewer juga menjual pakaian selain batik, misalnya seragam sekolah, dasi, jaket, kaus, dan juga jasa jahit sesuai permintaan pelanggan. 

Di sekitar Pasar Klewer juga dapat Anda temukan sejumlah penjual makanan khas Solo. Tak ayal, area Pasar Klewer juga merupakan tempat wisata kuliner di Solo yang patut Anda datangi.

Kampung Batik Laweyan dan Kauman

Masih tentang batik, dari Pasar Klewer lanjutkan perjalanan menuju Kampung Batik Laweyan dan Kauman. Kampung batik ini menjadi salah satu pusat produksi batik tradisional terbesar di Kota Solo.
Kampung Batik Kauman
Kampung batik Kauman (sumber : Detik.com)
Kampung Batik Kauman terletak sangat strategis karena dikelilingi oleh Jalan Rajiman, Jalan Nonongan, Jalan Slamet Riyadi, dan juga dikelilingi oleh tempat ramai lain seperti Pasar Klewer, Beteng dan Gladak. Tak perlu takut tersasar karena masyarakat Solo bisa membantu Anda untuk memberikan arahan menuju Kampung Batik Kauman.

Saat menyusuri Kampung Batik Laweyan, Anda bisa memilih berjalan kaki atau menggunakan becak. Para tukang becak siap mengantar para pengunjung menyusuri deretan industri batik rumahan dan sesekali berhenti di toko-toko batik.

Jika datang di pagi hari Anda bisa melihat proses pembuatan batik tulis, batik cap, pencelupan, pencucian, hingga penjemuran kain. Tentu saja Anda juga bisa membeli batik-batik yang dijual di Kampung Batik Laweyan dan Kauman.

Ngarsopuro Solo

Ngarsopuro adalah kawasan pedestrian yang ditata secara artistik di Jalan Diponegoro, di depan (bagian selatan) Pura Mangkunegaran.

Di sini juga ada Ngarsopuro Night Market, pasar malam tiap akhir pekan. Ini tempat berdagang yang hanya diperuntukkan bagi mereka yang memiliki KTP Solo. Produk yang dijual seperti kerajinan, batik, souvenir, hingga kuliner khas Solo. Di tempat ini juga bisa dijumpai penampilan seni musik dan tari. 

Taman Satwa Taru Jurug

Taman Satwa Taru Jurug (TSTJ) selalu menjadi pilihan wisata saat libur akhir pekan atau libur panjang di Kota Solo. Target jumlah pengunjung mencapai angka ribuan orang saat libur. Sementera di hari-hari biasa, jumlah pengunjungnya hanya berkisar antara 200-an pengunjung.
TamanTaru Jurug (sumber : Sentananews.com)
Kebun Binatang Jurug merupakan salah satu objek wisata unggulan di Kota Solo. Kebun binatang ini tergolong tua dibangun pada tahun 1878. Selain suguhan koleksi satwa, Taman Satwa Taru Jurug juga menawarkan lokasi yang indah untuk beristirahat. Taman satwa ini memang memiliki berbagai spesies hewan dan tumbuhan.

Taman Satwa Taru Jurug dibangun dengan konsep wisata alam, jalan-jalan di dalam taman dikelilingi pohon-pohon besar dan rindang. Taman Satwa Taru Jurug (TSTJ) berlokasi di timur kota Solo, dekat perbatasan dengan Karanganyar.

Di sisi lain, koleksi hewan yang ada di TSTJ pun terus mengalami peningkatan, yang paling terakhir pihaknya mendapatkan titipan tiga ular Pyton dan satu kucing hutan dari BKSDA Jawa Tengah.

Museum Manusia Purba Sangiran

Sebuah museum unik yang mempunyai koleksi berupa fosil-fosil manusia purba. Fosil manusia purba ini ada yang berumur lebih dari dua juta tahun, hingga yang berumur 200 ribu tahun. Dengan lebih dari 13.000 koleksi fosil manusia purba, Museum Manusia Purba Sangiran adalah museum manusia purba yang paling lengkap di Asia.

Menurut laporan UNESCO (1995), Sangiran diakui oleh para ilmuwan untuk menjadi salah satu situs yang paling penting di dunia untuk mempelajari fosil manusia, disejajarkan bersama situs Zhoukoudian(China), Willandra Lakes (Australia), Olduvai Gorge(Tanzania), dan Sterkfontein (Afrika Selatan).

GPandawa Water World

Pandawa Water World merupakan wahana wisata air yang berdiri pada 22 Desember 2007, terletak di perbatasan kota Surakarta dan Sukoharjo.
Pandawa Water World (Inilahtempatwisata.com)
Pandawa Water World atau biasa juga disebut Waterboom Pandawa didesain sesuai kisah pewayangan India yang sangat digemari masyarakat Jawa, setiap hari buka mulai pukul 08.00 WIB-19.00 WIB.


Tempat wisata Solo yang satu ini memiliki 27 wahana air, antara lain Wave Pool, Action River, Fantastic Slides, Aerated Spa, Warm Spa, Sight Tower dan lainnya. Juga tersedia kolam untuk balita dan anak-anak.

Galabo

Bila urusan perut mulai menuntut, datanglah ke Galabo. Didirikan sejak 2008, Galabo yang berlokasi di jalan Mayor Kusmanto, tepat di depan Pusat Grosir Solo di Kawasan Gladag, menjadi pusat kuliner Solo dengan menyajikan beragam kuliner khas, seperti tengkleng, sego liwet, sate kere, gudeg ceker, gempol pleret dan masih banyak lagi.
wisata Solo
Galabo (sumber : Merahputih.com)
Jangan kaget, Galabo ini berada di tengah jalan. Jika siang hari, kawasan tersebut memang digunakan lalu lintas kendaraan, namun jika malam hari disulap menjadi kawasan kuliner yang nyaman untuk disinggahi. Galabo mulai buka pukul 17.00 WIB hingga 24.00 WIB.


Srabi Solo Notosuman Ny. Handayani


Serabi Notosuman ini dibuat di dua tempat di jalan yang sama. Ada dua serabi notosuman dan jaraknya berdekatan, yaitu Ny. Lidia dan Ny. Handayani.
Serabi Notokusuman (sumber : Foodyplace.com)
Keduanya adalah keturunan dari sang perintis, pasangan Hoo Geng Hok dan Tan Giok Lan. Serabi ini terdiri dari tepung beras, santan, gula pasir, garam, pandan, dan air.

Ada dua rasa yang bisa dinikmati yaitu serabi orisinal gurih dari santan tanpa tambahan perasa. Sedangkan satu lagi adalah rasa cokelat yang diberi taburan meses cokelat.


Demikianlah info Wisata Populer Di Solo Yang Wajib Dikunjungi

Terima kasih telah berkunjung ke Wisata Indonesia, semoga bermanfaat bagi Anda.


loading...

0 Response to "Wisata Populer Di Solo Yang Wajib Dikunjungi"

loading...