Museum Negeri NTB Menyimpan Koleksi Sejarah Dan Budaya Di Pulau Lombok


Museum Negeri NTB - Di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) terdapat sebuah tempat yang menyimpan lengkap benda-benda bersejarah peninggalan masyarakat Lombok dan Sumbawa. Namanya Museum Negeri NTB, letaknya strategis di pusat kota Mataram, sangat mudah ditemukan.
Museum Negeri Nusa Tenggara Barat (NTB).
Koleksi Museum Negeri NTB tertata rapi (sumber : Okezone.com)
Museum umum ini menjadi tempat yang tepat bagi Anda yang menyukai sejarah dan cerita di baliknya. Bahkan bagi para turis asing Museum Negeri NTB menjadi pilihan yang wajib dikunjungi. Pasalnya Pemerintah NTB telah bekerjasama dengan kapal pesiar dan agen travel untuk menjadikan museum ini sebagai paket wajib ketika datang ke Lombok. Tujuannya tak lain agar pengunjung Museum Negeri Lombok akan terus meningkat.

Di Museum Negeri NTB terdapat lebih dari 7 ribu koleksi, berupa koleksi sejarah, biologi, geologi, arkeologi, budaya, dan keramik. Hal ini menjadikan Museum Negeri NTB sebagai museum terlengkap di wilayah NTB.

Museum Negeri NTB yang diresmikan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Dr. Daoed Joesoef pada tanggal 23 Januari 1982 ini dikelola dengan sangat baik.

Pada bagian depan Museum Negeri NTB terdapat buaya muara yang diawetkan. Buaya sepanjang 4 meter dan lebar 1 meter tersebut asalnya dari wilayah Dompu, Sumbawa, tergolong sangat besar untuk ukuran buaya muara. Ketika hidup, buaya berukuran besar tersebut sempat menggegerkan warga Dompu karena pernah memangsa warga setempat. Buaya tersebut akhirnya ditangkap, diawetkan, lalu diserahkan ke museum pada tahun 2010.

Barang koleksi di museum ini ditata dan ditempatkan pada ruangan sesuai kelompoknya membuat para pengunjung merasa nyaman menjelajahi koleksi museum. Apalagi pengaturan suhu ruangan yang pas, membuat koleksi museum terjaga dengan baik.
Koleksi Museum Negeri NTB (sumber : Okezone.com)
Museum Negeri NTB terdiri dari dua aula, yakni aula permanen dan aula temporer yang bisa digunakan untuk pameran lain. Ruang Khasanah menjadi tempat istimewa karena berisi perhiasan peninggalan kerajaan terdahulu. Di ruangan ini, Anda bisa melihat kekayaan bangsawan Lombok dan Sumbawa.

Selain menyimpan benda bersejarah, Museum Negeri juga memiliki beberapa koleksi  yang dipercaya oleh masyarakat memiliki kekuatan gaib. Benda penolak roh halus, pengusir roh jahat, serta penangkal petir menjadi bagian dari koleksi yang dapat Anda lihat ketika berkunjung ke Museum Negeri.

Bagi wisatawan yang hendak ke museum, akses menuju Museum Negeri NTB pun cukup mudah dicapai karena letaknya yang berada di pusat kota. Jika Anda dari Bandara Internasional Lombok, cukup menaiki Bus Damri dan turun di Pool Swita dan menuju ke museum atau langsung menggunakan taksi ke tempat tujuan.


MUSEUM NEGERI NUSA TENGGARA BARAT
Jl. Panji Tilar Negara No. 6 Mataram, Lombok, NTB.
Telepon 0370 632159

Jam Operasional
Selasa - Kamis pukul 08.00-14.00 WITA,
Jumat 08.00-11.00 WITA,
Sabtu 08.00-12.30 WITA, d
Minggu 08.00-14.00 WITA.
Pada hari Senin dan libur nasional, museum ini akan ditutup.

Tiket Masuk
Tiket masuk ke museum ini pun cukup murah, yakni Rp1.000 untuk anak-anak, Rp2 ribu untuk dewasa dan Rp5 ribu untuk turis mancanegara.



Demikianlah info Museum Negeri NTB Menyimpan Koleksi Sejarah Dan Budaya Di Pulau Lombok

Terima kasih telah berkunjung ke Wisata Indonesia, semoga bermanfaat bagi Anda.


loading...

0 Response to "Museum Negeri NTB Menyimpan Koleksi Sejarah Dan Budaya Di Pulau Lombok"

loading...