Tips Membeli Tiket Pesawat Murah Pada Masa Liburan


Tips Membeli Tiket Pesawat Murah - Berlibur ke luar kota dapat menyegarkan pikiran Anda. Terlebih pada masa liburan, dimana anda dapat mengajak seluruh anggota keluarga. Bila tujuan berlibur cukup jauh, transportasi pesawat menjadi pilihan yang rasional.
Tiket pesawat murah.
Berburu tiket pesawat murah (sumber : Travelweekly.com)
Seiring dengan perkembangan zaman, transportasi udara kini jadi alternatif yang jauh lebih terjangkau untuk semua orang. Bahkan ada istilah populer "Penerbangan Murah" dikalangan para traveler yang ingin pergi ke dalam atau luar negeri dengan waktu perjalanan yang singkat dan hemat biaya. Apalagi saat ini tiket perjalanan dan booking hotel bisa dilakukan secara online, membuat rencana perjalanan menjadi lebih mudah.

Untuk mendapat tiket pesawat murah memang tidak selalu mudah. Namun, jika tahu mencari celahnya Anda bisa mendapatkan harga tiket pesawat murah. Salah satu cara termudah untuk mendapatkan tiket pesawat murah adalah dengan berburu tiket promo.

Masalahnya, penerbangan dengan tarif murah tidak selalu tersedia setiap saat. Anda harus menunggu saat maskapai penerbangan dan pihak travel menggelar promo diwaktu-waktu tertentu dan terkadang ketika ada promo waktu terbangnya berbentur dengan kegiatan lain.

Untuk bisa mendapatkan tiket pesawat yang terjangkau, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, seperti situs yang menjual, pemilihan tanggal, maupun paket yang ditawarkan layanan penjual tiket.
Tak hanya itu, jika Anda lebih jeli, sebenarnya banyak cara untuk mendapatkan harga tiket pesawat murah.

Berikut tips untuk mendapatkan tiket pesawat dengan harga murah yang bisa Anda coba.

1. Bandingkan setiap situs yang menjual tiket online
Banyak situs online yang menawarkan perjalanan murah. Sebaiknya Anda tidak buru-buru langsung melakukan pemesanan. Anda harus jeli dengan perbedaan harga tiket antara penyedia tiket online satu dengan yang lainnya.

Bandingkan terlebih dulu dan cek secara berkala agar bisa mendapatkan harga paling murah.

2. Manfaatkan Aplikasi

Beberapa layanan online tiket sudah menyediakan web aplikasi yang dapat diunduh melalui telepon pintar. Dengan begitu Anda tidak perlu lagi browsing menggunakan laptop atau desktop. Sambil ngopi di cafe sekalipun, Anda kini sudah bisa memilih dan membandingkan tiket pesawat murah yang diinginkan.

3. Manfaatkan paket yang ditawarkan

Biasanya ada beberapa situs yang tidak hanya menyediakan tiket pesawat, namun juga sekaligus pemesanan hotel. Keduanya dipaket sehingga membuat biaya berlibur menjadi lebih murah.
Paket liburan bisa termasuk penerbangan dan akomodasi hotel yang biasanya menawarkan fasilitas makan. Anda bisa mengambil paket tersebut untuk menghemat biaya. Apalagi, bila Anda sama sekali belum pernah liburan di tempat tujuan Anda.

4. Pesan tiket jauh-jauh hari

Lakukan pemesanan tiket jauh-jauh hari antara 50-60 hari sebelumnya bahkan kalau mungkin lebih awal lagi. Semakin lama Anda menunda, semakin Anda harus fleksibel dengan tanggal dan tujuan Anda.

Selisih harga tiket pesawat yang dibeli dari jauh-jauh hari dan menjelang hari keberangkatan biasanya cukup besar. Apalagi jika Anda membeli tiket di hari menjelang keberangkatan tujuh hari sebelum perjalana, bisa dipastikan Anda akan mendapat harga yang jauh melonjak dibandingkan sebelumnya.

Ini hal yang wajar, mengingat tarif penerbangan sifatnya fluktuatif atau sering berubah-ubah dengan cepat dari waktu ke waktu. Intinya, dalam memesan penerbangan, timing adalah segalanya.

Segera lakukan pengecekan biaya begitu Anda tahu kapan harus terbang. Setelah itu, lakukan pengecekan ulang setiap waktu, setidaknya satu kali tiap pekan, untuk menemukan penawaran yang benar-benar sesuai dengan keinginan Anda.

5. Pilih Hari yang Tepat

Hari di saat Anda melakukan pemesanan bisa memainkan peran yang penting dalam biaya perjalanan Anda. Rabu dan Kamis biasanya merupakan hari di mana tiket penerbangan domestik ditawarkan dengan harga paling tinggi.

Jika Anda berniat untuk melakukan perjalanan di akhir pekan, lebih baik Anda memesan penerbangan antara hari Sabtu hingga Selasa. Sementara jika perjalanan dilakukan saat weekdays, disarankan memilih penerbangan antara hari Selasa hingga Selasa berikutnya.

6. Perhatikan Musim liburan

Mengetahui kapan Anda akan berangkat sama pentingnya dengan hari di mana Anda harus membeli tiket pesawat. Karena hal paling krusial yang menentukan murah tidaknya harga tiket adalah seberapa penuh pesawat yang Anda tumpangi.

Hari-hari menjelang dan sesudah hari libur nasional seperti Idul Fitri atau Natal, permintaan tiket pesawat sangat tinggi. Maka tak heran jika harga tiket ikut melambung. Pada masa liburan dan hari besar harga kamar hotel juga ikut naik.

Selain itu, beberapa destinasi, terutama di luar negeri, juga dibandrol dengan harga yang bervariasi berdasarkan waktu-waktu tertentu.

7. Rute Sibuk Memang Mahal

Beberapa penerbangan yang termasuk rute 'gemuk' memang membuat harga tiket semakin mahal. Untuk menyiasatinya, Anda bisa mencari beberapa bandara terdekat dengan rute yang tidak terlalu sibuk, kemudian melanjutkannya dengan perjalanan darat.

Meskipun cara ini memang merepotkan, namun Anda pasti bisa mendapatkan tiket pesawat lebih murah, selain juga pengalaman menjelajahi tempat baru yang belum pernah Anda rasakan sebelumnya. Menarik bukan?

8. Jadwal Keberangkatan Menentukan Harga

Memang untuk mendapatkan sesuatu yang murah diperlukan usaha yang lebih. Beberapa penerbangan yang menawarkan tiket murah, didominasi oleh penerbangan dengan keberangkatan pada dini hari dan tengah malam.

Pada waktu-waktu tersebut memang cenderung tidak terlalu ramai karena masih waktu istirahat. Tidak ada salahnya Anda bangun lebih pagi atau tidur sedikit terlambat, demi mendapatkan tiket pesawat murah. Pastikan Anda bangun lebih pagi untuk mengejar pesawat yang berangkat pertama kali.

9. Full Service Airline, Why Not?

Perhatikan saat peak season, harga pesawat yang tadinya murah akan menjadi mahal. Bandingkan dengan pesawat -pesawat yang telah memilki brand full board. Kadang kala saat peak season tiket pesawat murah pun menjadi mahal. Daripada mendapatkan pelayanan yang tidak terlalu lengkap, terkadang Anda harus berinvestasi sedikit untuk mendapatkan pelayanan yang lengkap. Layak dicoba, bukan?

10. Jangan Anti Transit

Transit memang tidak menyenangkan jika Anda dalam keadaan mendesak. Namun, saat Anda sedang berlibur, tidak ada salahnya memilih penerbangan dengan transit.

Keuntungannya, tiket pesawat lebih murah dan Anda bisa jalan-jalan sesaat saat transit. Lihat sisi positifnya. Pasti Anda akan mendapatkan pengalaman yang menyenangkan saat transit di beberapa bandara yang menyediakan segala fasilitas gratis dan menarik bagi para penumpang yang transit. Misalnya seperti bandara Changi di Singapura yang sudah menyediakan berbagai fasilitas menarik bagi penumpangnya yang transit.

11. Perhatikan kebijakan yang berlaku

Selalu ingat untuk memeriksa kebijakan maupun syarat yang berlaku. Banyak kebijakan asuransi perjalanan yang tidak akan Anda duga bila Anda merasa dirugikan. Asuransi untuk pembatalan juga dapat bervariasi pada setiap agen perjalanan.

12. Subscribe Email Airline

Beberapa maskapai penerbangan menyediakan layanan newsletter. Anda bisa memanfaatkanya dengan menjadi pelanggan newsletter ini.

Dengan menjadi subscriber, Anda akan mendapatkan info instan tentang tiket promo dan tiket murah. Dengan begitu Anda bisa saja merencanakan liburan berdasarkan tiket promo yang ditawarkan.

Selain itu Anda bisa mengikuti akun Facebook maupun Twitter beberapa maskapai penerbangan komersial untuk mendapatkan beberapa promo spesial.

Semoga tips membeli tiket pesawat murah pada masa liburan di atas bermanfaat buat Anda yang ingin bepergian dan liburan menggunakan pesawat terbang. (sumber)


Demikianlah info Tips Membeli Tiket Pesawat Murah Pada Masa Liburan

Terima kasih telah berkunjung ke Wisata Indonesia, semoga bermanfaat bagi Anda.


loading...

0 Response to "Tips Membeli Tiket Pesawat Murah Pada Masa Liburan"

loading...