Menikmati Keindahan Air Terjun Sarasah Siguntur Tuo Di Padang


Sumatera Barat dikenal memiliki potensi beragam wisata bahari, namun selain itu terdapat sejumlah potensi wisata alam yang cukup menarik. Wilayah tropis yang dikelilingi oleh berbagai bukit ini, menyimpan ragam pesona sejumlah air terjun.
Air terjun Sarasah Siguntur Tuo di Padang.
Air terjun Sarasah Siguntur Tuo bertingkat dua (sumber : Kompasiana.com)

Selain Air Terjun Lubuk Hitam yang sudah sangat populer di Padang, ada lagi air terjun Sarasah Siguntur Tuo yang terletak di Kanagarian Siguntur, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat. Objek wisata ini masih alami dan masih belum banyak dijamah oleh para wisatawan. Ada kesamaan diantara keduanya, yaitu sama-sama bertingkat, meskipun air terjun hanya Sarasah Siguntur Tuo hanya dua tingkat, sedangkan air terjun Lubuk Hitam memiliki 3 tingkat.

Air terjun Sarasah Siguntur Tuo ini memiliki keunikan dan keindahan tersendiri. Hijaunya pemandangan, serta besihnya air sungai membuat para wisatawan betah untuk berlama-lama di lokasi ini. Air terjun dengan ketinggian 60 meter ini memiliki debit air yang cukup deras, sehingga membentuk lubuk hijau yang dangkal, cocok dinikmati untuk berenang.

Di lokasi air terjun terdapat gubuk yang dapat digunakan sebagai tempat untuk mandi sambil menikmati sejuknya air dengan pemandangan yang masih asri. Dengan debit air yang jatuh dari puncak yang cukup tinggi, membuat kondisi di sekeliling lokasi menjadi sejuk dan lembab. Masyarakat sekitar juga memanfaatkan air tersebut untuk konsumsi air minum.

Sekeliling air terjun terdapat banyak pohon durian dan jengkol milik warga setempat. Jika anda datang ke lokasi ini pada musim durian tentu berkesempatan menikmati durian dari Kanagarian Sarasah Tuo yang memiliki rasa sangat manis dan legit. Dengan potensi tersebut, tak pelak kawasan ini bisa dijadikan sebagai tempat liburan altenatif dengan keluarga yang ada di Kabupaten Pesisir Selatan.

Wisata air terjun Sarasah Siguntur di Padang.
Keindahan air terjun Sarasah Siguntur Tuo, sayang akses jalannya masih jadi kendala (sumber :Sindonews.com)
Salah satu faktor sarana yang masih menjadi kendala menuju lokasi air terjun Sarasah Siguntur Tuo adalah kondisi jalan yang masih buruk. Padahal jika bisa dikelola secara maksmal tentunya akan menambah penghasilan bagi masyarakat yang berada tidak jauh dari kawasan tersebut.

Dari jalan raya air terjun ini sebetulnya hanya berjarak sekitar 2 km, namun kondisi jalan yang sudah dicor hanya 200 meter saja, selebihnya masih berupa jalan setapak.

Untuk mencapainya, dari lokasi parkir kendaraan pengunjung harus menyusuri jalan setapak dan menyeberangi duah buah anak sungai. Petunjuk jalannya memang masih minim karena belum banyak diketahui wisatawan dan kurangnya promosi. Lokasi air terjun Saragah Siguntur Tuo sangat dekat dengan pemukiman warga yang bisa ditempuh dengan berjalan kaki selama kurang lebih 30 menit.

Dari kota Padang, air terjun Sarasah Siguntur  yang terletak di Kanagarian Siguntur Tuo jaraknya sekitar 38 km, bisa ditempuh selama 45 menit. Dari kota Padang anda dapat menggunakan kendaraan pribadi, kendaraan umum atau sepeda motor. Namun lebih disarankan menggunakan kendaraan pribadi, terutama naik motor, agar lebih cepat sampai ke lokasi air terjun Sarasah Suguntur. Selain itu karena faktor kondisi jalan memang belum baik terutama mulai dari Ulu Gadut atau sekitar 3 km sebelum mencapai lokasi air terjun.


Demikianlah info Menikmati Keindahan Air Terjun Sarasah Siguntur Tuo Di Padang

Terima kasih telah berkunjung ke Wisata Indonesia, semoga bermanfaat bagi Anda.


loading...

0 Response to "Menikmati Keindahan Air Terjun Sarasah Siguntur Tuo Di Padang"

loading...