Pesona Pantai 9 Bringsang Sumenep


Pantai 9 Bringsang - Kabupaten Sumenep letaknya di ujung timur di Pulau Madura, dari Surabaya jaraknya sekitar 183 km yang bisa dicapai melalui Jembatan Suramadu. Meskipun letaknya paling timur, namun Sumenep memiliki sejumlah destinasi wisata yang menarik.
Pantai Sembilan Sumenep
Pesona Pantai 9 Bringsagn ( sumber : Goldpix.co)
Tak hanya Bukit Kapur Panjalin di Desa Badur yang eksotis, ada salah satu destinasi wisata pantai yang wajib dikunjungi ketika berada di Kabupaten Sumenep yang juga masih asri dan alami, serta menawan adalah Pantai 9.

Pantai sembilan yang terletak di Desa Bringsang, Pulau Gili Genting, Sumenep Madura ini memiliki daya tarik tersendiri untuk dikunjungi.
Pantai sembilan
Pesona Pantai 9  (sumber : Giligentingmadura.blogspot.co.id)
Meskipun belum sepopuler tempat wisata lainnya di Sumenep yang sudah lebih dulu dikenal, seperti Pantai Lombang, Slopeng, Ponjuk, dan Gili Labak, namun pantai 9 memiliki nilai keindahan yang tak kalah dengan pantai lainnya. Maka tak heran Pantai 9 mulai dilirik oleh para wisatawan baik lokal maupun luar daerah yang terpesona oleh keindahan pantai ini.
Pantai 9 sumenep
Pantai 9 memiliki pasir pantai yang putih dan bersih (sumber : Giligentingmadura.blogspot.co.id)
Pantai 9 memiliki pemandangan yang sangat mempesona, dengan pasirnya yang berwarna putih dan bersih dengan deburan ombak serta angin yang sepoi-sepoi yang akan memberikan ketenangan bagi pengunjung yang ingin bersantai.
Sunset di Pantai 9 Sumenep.
Sunset di Pantai 9 (sumber : emadura.com)
Disebut Pantai 9 karena dibibir pantai terdapat gundukan pasir putih yang ketika tergenang air membentuk pola cekungan yang menyerupai angka 9. Namun pola air berbentuk sembilan tersebut terbentuk saat air laut pasang saja. Sedangkan warga setempat menyebutnya sebagai pantai putih.
Pantai sembilan Sumenep
Pantai 9 Bringsang : Fenomena alam yang membentuk pusaran angka 9 (sumber : Scontent.cdninstagram.com)
Keindahan dan keasrian pantai 9 yang masih perawan ini memang tidak diragukan. Keunikan lainnya di Pantai 9 ini terletak adanya aneka terumbu karang yang bagus dan sengaja dibiarkan tumbuh dan berkembang dengan alami.

Fasilitas yang sudah tersedia di Pantai 9, antara lain, gazebo beratap ilalang, dan warung makan sederhana. Pengunjung juga bisa menyewa perahu rakyat untuk berkeliling pantai. Tentu saja masih banyak yang perlu disiapkan untuk menyambut para wisatawan yang berkunjung. 

CARA MENUJU PANTAI 9 SUMENEP

Untuk mencapai Pantai 9, dari Kabupaten Sumenep pengunjung harus menuju ke Pelabuhan Tanjung, Soronggi sejauh 35 km.

Rute menuju Pantai 9 tidaklah sulit, karena setiap harinya dilalui oleh masyarakat Madura yang tinggi di Gili Genting yang bekerja di Sumenep atau bagi mereka yang bertugas di Pulau Gili Genting. Jika berangkat dari arah barat (Surabaya), dari pertigaan saronggi Sumenep tinggal belok kanan langsung menuju Pelabuhan Tanjung.

Dari pelabuhan Tanjung ini selanjutnya naik perahu motor menuju Pulau Gili Genting. Tarif penyeberangannya Rp 10 ribu per orang. Pulau Gili Genting adalah sebuah Kecamatan di Kabupaten Sumenep yang memiliki luas wilayah 30,318876 km2.

Dari Pelabuhan Tanjung menuju Pulau Gili Genteng ditempuh dengan perahu motor.

Ada dua pelabuhan di pulau yang terletak di sebelah tenggara Pulau Madura ini, yakni Pelabuhan Aeng Anyar dan Pelabuhan Bringsang, Pulau Giligenting. Namun yang lebih dekat dicapai adalah Pelabuhan Bringsang dengan waktu tempuh sekitar 45 menit dalam kondisi cuaca normal.

Jika Anda menggunakan sepeda motor, maka Anda bisa menyeberang bersama motor Anda. Sehingga ketika sampai di Pulau Gili Genting, anda tidak perlu lagi menyewa motor di sana untuk menikmati keindahan pulau ini.

Wisata Pantai 9 letaknya dekat dengan Pelabuhan Bringsang atau di tengah-tengah Pulau Gili Genting. Anda hanya butuh berjalan kaki menuju Pantai 9 karena letaknya berdampingan dengan pelabuhan. Selain pantai 9, Anda juga dapat menikmati pantai Kahuripan, Pantai Miring dan Pantai Room (wangi) yang berada di sekitar Pantai 9 yang dapat dijadikan sebagai paket tujuan wisata.

Jika belum puas dan masih ada waktu, pengunjung bisa melanjutkan perjalanan menuju Pulau Gili Labak di Kecamatan Talango dengan memanfaatkan paket wisata. Perjalanan dari Pantai 9 menuju Pulau Gili Labak membutuhkan waktu 1 jam dengan perahu besar dengan biaya sewa perahu Rp 1,5 juta dengan kapasitas maksimal 50 orang.

Melihat keindahan Pantai 9 Bringsang yang sangat indah ini, tentunya Anda berpikir dua kali untuk melewatkan pantai ini dalam agenda wisata Anda berikutnya.



Demikianlah info Pesona Pantai 9 Bringsang Sumenep

Terima kasih telah berkunjung ke Wisata Indonesia, semoga bermanfaat bagi Anda.


loading...

0 Response to "Pesona Pantai 9 Bringsang Sumenep"

loading...