Umbul Ponggok Klaten, Berenang Di Kolam Serasa Di Lautan


Wisata Umbul Ponggok Klaten - Berkunjung ke kota Klaten, Jawa Tengah, belum lengkap kalau belum ke tempat wisata Umbul Ponggok yang berada di Desa Polanharjo. Selain populer di wilayah lokal, kolam alami yang dikembangkan menjadi wisata tirta ini banyak menjadi pembicaraan karena keunikan atraksi di bawah airnya.
Wisata Umbul Ponggok, Klaten.
Spot foto didasar Umbul Ponggok ini sering dikira editan. (via Okezone.com)
Umbul Ponggok sebenarnya merupakan kolam alami yang sudah ada sejak zaman penjajahan Belanda. Kolam ini memiliki luas 50x20 meter dengan kedalaman antara 1,5 - 2,5 meter saja, sehingga cukup aman bagi pemula. Tempat ini dinamakan Umbul Ponggok karena Umbul artinya mata air dan Ponggok adalah nama desa dimana kolam ini berada. Sejak jaman dulu, kolam ini berfungsi sebagai irigasi perkebunan dan saat ini digunakan sebagai destinasi wisata.

Pihak pengelola sengaja mempertahankan bentuk asal kolam, dengan bebatuan dan hamparan pasirnya, membuat nuansa kolam berkesan sangat alami dan serasa berada di lautan mini.

Yang menjadi nilai jual tinggi dari tempat wisata air tawar ini adalah airnya yang bening dan pemandangan bawah airnya seperti di laut. Hal ini tak lain karena mata airnya terletak di dasar kolam, sehingga kolam Umbul Ponggok selalu bersih. Beragam ikan air tawar bisa dilihat saat berenang atau snorkeling di sana. 

Memang wisata air yang memiliki kolam jernih dan air yang segar banyak terdapat di Indonesia, namun yang menyuguhkan sensasi berfoto ria dengan ikan-ikan yang jinak seperti di Umbul Ponggok tentu tidak mudah dijumpai.
Umbul Ponggok
Siapa nggak ngiler sensasi seperti ini? (via Blog.reservasi.com)
Dengan kondisi seperti ini siapapun yang datang ke Umbul Ponggok tidak akan melewatkan untuk berenang sambil mengabadikan momen dibawah air bersama ikan-ikan yang cantik di sekeliling kita. Para pecinta fotografi bawah air benar-benar sangat dimanjakan.

Untuk menambahkan dramatis suasana di dalam air, pihak pengelola menambahkan beragam ornamen menarik di bawah air yang bisa digunakan sebagai latar foto.

Anda bisa bergaya dengan ayunan kayu bermotif bunga, atau kursi-kursi cantik yang menjadi atraksi paling menarik di Umbul Ponggok. Semua ini dihadirkan pengelola demi kepuasan pengunjung. Bahkan demi mendapatkan spot foto yang keren, banyak pengunjung yang dengan sengaja memasukkan motornya ke dalam kolam, meski harus melalui proses yang cukup ribet.
Aksi gokil rame-rame menurunkan motor ke dasar kolam (via Citizen6.liputan6.com)
Jernihnya air kolam memudahkan pengambilan gambar yang jelas dan indah. Ini tak lepas dari perawatan yang selalu dilakukan pihak pengelola yang merupakan warga desa setempat agar kolam tetap bersih.

Tak heran jika Umbul Ponggok menjadi salah satu spot favorit pemotretan prawedding bagi banyak calon mempelai.

Tentu saja untuk mendapatkan pengambilan gambar yang bagus, Anda harus menyelam dan berpose cantik didasar kolam. Ini memang butuh trik khusus agar mampu menahan napas cukup lama dan kamera khusus bawah air.

Salah satu yang harus diperhatikan adalah memilih waktu yang tepat saat matahari sedang bersinar terang agar penerangan di dasar kolam mendapat cahaya yang cukup. Waktu yang ideal untuk berfoto didalam air antara pukul 07.00 sampai 16.00 WIB. Yang penting cuacanya tidak sedang mendung atau hujan.

Untuk pemotretan bisa mengaktifkan mode kamera continous shoot, agar sekali klik bisa menghasilkan banyak foto.

Bagi yang tidak punya kamera under water, jangan berkecil hati, karena pihak pengelola siap memberikan jasa pemotretan dengan biaya antara Rp 60-Rp 160 ribu.

kolam umbul ponggok
Umbul Ponggok (via Facebook.com)
Tiket masuk ke Umbul Ponggok terhitung cukup murah, yaitu Rp 8 ribu. Sewa alat snorkeling Rp 20 ribu. Tersedia fasilitas yang cukup memadai seperti toilet, kamar mandi, dan juga tempat bersantai. Tak ketinggalan, jajanan kuliner pedagang kaki lima bisa Anda nikmati selama di sana.

Untuk mencapai wisata Umbul Ponggok, Anda bisa melalui jalan raya Yogyakarta-Solo. Setelah sampai di persimpangan depan RSUD Suradji Tirtonegoro, lurus saja lewat tengah kota sampai GOR Galarsena Klaten.

Dari Gor, belok kiri ke arah Polanharjo atau Jatinom. Dari sana, Anda tinggal melihat papan lokasi wisata Umbul Ponggok. Sampai di persimpangan dekat Markas Koramil yang berada di sebelah kiri, lurus saja. Setelah itu anda akan sampai di Umbul Ponggok Klaten


Demikianlah info Umbul Ponggok Klaten, Berenang Di Kolam Serasa Di Lautan

Terima kasih telah berkunjung ke Wisata Indonesia, semoga bermanfaat bagi Anda.


loading...

0 Response to "Umbul Ponggok Klaten, Berenang Di Kolam Serasa Di Lautan "

loading...