Destinasi Wisata Populer Di Karimunjawa Yang Wajib Dikunjungi


Karimunjawa adalah salah satu kepulauan yang berada di wilayah Jepara, Jawa Tengah, yang terkenal dengan keindahan alam dan juga lautan yang sudah tidak bisa diragukan lagi. Disini pengunjung akan disuguhi pemandangan beragam jenis ikan laut dan terumbu karang hingga pantai yang memiliki butiran pasir putih yang eksotis. Kepulauan yang berada di pesisir pantai utara pulau jawa ini sudah ditetapkan menjadi taman nasional yang memiliki hamparan air laut jernih dengan warna hijau ke biruan. 

Wisata Karimunjawa
Dermaga di Karimunjawa (via http://oceanweek.co.id)

Bagi anda yang sedang memiliki rencana untuk mengunjungi kepulauan ini, lebih baik anda simak dulu beberapa rekomendasi tempat wisata di karimunjawa yang wajib di kunjungi.

Pulau Menjangan Besar

Tempat pertama yang wajib dikunjungi adalah Pulau Menjangan Besar, yang letaknya paling dekat dengan Pulau Karimunjawa dan dapat dicapai dengan kapal dalam waktu sekitar 15 menit. Di pulau seluas 56 hektar ini terkenal dengan penangkaran hiu. Ada dua kolam penangkaran yang berisi puluhan hiu.

Anda bisa uji andrenalin dengan masuk kedalam kolam yang dihuni ikan hiu berbagai ukuran, salah satunya dari jenis Blacktip Reef Shak (hiu sirip hitam) dengan ukuran yang tidak terlalu besar yang menjadi favorit pengunjung.


Selain hiu, di Pulau Menjangan Besar juga terdapat kolam berisi ikan buntal, bintang laut, dan kolam penangkaran penyu dengan puluhan tukik atau anak penyu yang nantinya akan dilepas di lautan bebas. 

Hiu di Menjangan Besar
Uji nyali di kolam penangkaran hiu di Pulau Menjangan Besar (via http://aecogroups.blogspot.co.id)

Pulau Menjangan Kecil

Tempat wisata berikut di Karimunjawa yang wajib anda kunjungi adalah pulau Menjangan kecil. Pulau ini menjadi tempat favorit bagi para traveler yang senang sekali menyelam dan melakukan snorkeling karena disini terdapat hamparan air jernih berwarna biru kehijauan yang tidak terlalu dalam. Namun untuk anda yang tidak bisa berenang anda harus berhati-hati jika berada di pulau Menjangan kecil ini, jangan sampai anda terluka karena tidak sengaja menginjak terumbu karang.
Keindahan bawah laut Menjangan kecil
Keindahan bawah laut Pulau Menjangan Kecil (via http://liburanaye.blogspot.co.id)
Pantai Tanjung Gelam

Tempat wisata di karimunjawa yang wajib dikunjungi selanjutnya adalah pantai tanjung gelam. Panti ini terkenal dengan ikon pohon kelapa miring. Disini nyaris semua traveler mengabadikan momen di sekitar pohon kelapa yang miring ini. Pantai ini memiliki pesona keindahan pantai yang sangat cantik dan juga menarik. DI pantai ini anda bisa bermain pasir, bahkan berenang karena pantai ini memiliki kedalaman yang cukup dangkal.

Pulau Cemara Besar

Pulai ini dinamakan pulau cemara besar mungkin karena di pulau ini terdapat banyak pohon cemara yang menjulang tinggi dan besar. Pulau ini juga terdapat beraneka ragam jenis ikan hias yang indah. Yang menarik dari pulau ini adalah anda bisa melihat penyu laut dan juga berbagai biota laut lainya yang unik dan pastinya akan membuat anda kagum.

Pulau Tengah


Tempat wisata di Karimunjawa yang wajib dikunjungi terakhir adalah Pulau Tengah. Pulau ini berada di bagian timur pulau Karimunjawa dan untuk bisa mencapai pulau ini dibutuhkan waktu 2 jam dengan memakai speed boat. Yang menarik adalah saat perjalanan menuju pulau ini anda akan disambut oleh lumba-lumba yang sedang berenang di sekitar kita. Anda juga akan melihat undukan pasir yang akan kelihatan saat air laut sedang surut.

Akses Menuju Ke Karimunjawa

Untuk mencapai Pulau Karimunjawa, pengunjung dapat naik KM Kelimutu dari Semarang. Kapal Pelni yang berkapasitas sekitar 1000 penumpang ini berangkat dari Sabtu dini hari dan tiba esok harinya di Karimunjawa.

Ada dua pilihan yang ditawarkan Pelni bagi wisatawan ke Karimunjawa, yaitu jasa transportasinya saja dengan biaya Rp 260 ribu pulang-pergi dan wisata all in dengan biaya sekitar Rp 1 juta per orang, tergantung kelas yang diambil.

KM Kelimutu sudah rutin melayani Semarang-Karimunjawa dua minggu sekali sejak awal 2016.


Demikianlah info Destinasi Wisata Populer Di Karimunjawa Yang Wajib Dikunjungi

Terima kasih telah berkunjung ke Wisata Indonesia, semoga bermanfaat bagi Anda.


loading...

0 Response to "Destinasi Wisata Populer Di Karimunjawa Yang Wajib Dikunjungi"

loading...